Pemerintah Fokus Pogram Bansos Untuk Turunkan Tingkat Kemiskinan

:


Oleh Putri, Selasa, 17 Juli 2018 | 11:00 WIB - Redaktur: Juli - 128


Jakarta, InfoPublik - Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan penduduk Indonesia per Maret 2018 sebesar 9,82 persen terendah sejak era krisis moneter di 1998 lalu yang mencapai 24,2 persen.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menekankan bahwa pemerintah akan terus memperkuat ekonomi keluarga tidak mampu melalui beragam program bantuan sosial.

“Penurunan angka kemiskinan ini menunjukkan bahwa program bantuan sosial memberikan manfaat bagi masyarakat dalam memperkuat ekonomi keluarga tidak mampu,” kata Menko Puan melalui keterangan resmi kepada InfoPublik, yang dikutip di Jakarta, Selasa (17/7).

Sebelumnya, Menko Puan telah mengkoordinasikan transformasi subsidi beras sejahtera (Rastra) menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) untuk 1,2 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang dimulai 2017 lalu.

Perluasan secara bertahap juga dilakukan di 2018 hingga mencapai 10 juta KPM. Perluasan sasaran penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang meningkat dari 2,7 KPM (2014), enam juta KPM (2016), dan diperluas lagi 10 juta KPM (2018).

Bidang kesehatan, Program Indonesia Sehat juga telah memberikan jaminan kesehatan nasional kepada 92,4 juta penduduk yang tidak mampu. Pemerintah membayarkan iuran BPJS Kesehatan bagi penduduk tidak mampu.

Bidang pendidikan, Program Indonesia Pintar juga menjangkau 19,7 juta anak usia sekolah. Yaitu anak-anak yang tidak mampu sekolah, di luar sekolah, panti asuhan, pesantren, dan lainnya. “Perluasan sasaran dari program bantuan sosial menjadi salah satu fokus pemerintah,” kata Menko Puan.