Kota Singkawang Promosikan Budaya dan Pariwisata di Surabaya Cross Culture International

:


Oleh MC KOTA SINGKAWANG, Senin, 16 Juli 2018 | 10:13 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Singkawang, InfoPublik - Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengaku senang dapat menghadiri dan mengikuti event Surabaya Cross Culture Internasional ke-14 dengan tema Folk Art Festival di Surabaya, Minggu (15/7). Tjhai Chui Mie hadir di Surabaya bersama Wakil Walikota Irwan dan Istri, Pj. Sekda Bujang Syukrie dan beberapa Kepala OPD.

"Kita diundang langsung oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini," kata Tjhai Chui Mie.

Pada event ini, Kata Tjhai Chui Mie Kota Singkawang membawa 20 penari yang akan menampilkan tarian NKRI multi etnik kolaborasi antara Sanggar Barekat dan Sanggar Simpur. Ia mengatakan dengan keikutsertaan Kota Singkawang pada event ini menunjukkan dihadapan 10 Negara dan beberapa Kota di Indonesia, bahwa Singkawang mempunyai daya tarik budaya multi etnik.

"Di event ini juga, kita mempromosikan budaya dan pariwisata Kota Singkawang," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Bosni mengatakan event yang digelar Pemkot Surabaya dapat dijadikan event budaya di Kota Singkawang. 

"Selain menarik wisatawan untuk datang ke Singkawang, event seperti ini dapat dijadikan ajang saling bertukar informasi dan pengetahuan mengenai budaya dan pariwisata masing-masing daerah," ujarnya

Untuk tarian, kata Bosni, Kota Singkawang akan menampilkan Tarian Dayak Basapak, Tarian NKRI dengan konsep Tidayu dan penampilan sape'. Ditempat yang sama, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya Surabaya Cross Culture Internasional dan mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Surabaya untuk mensukseskan dan menjadi tuan rumah yang baik.

"Saya sangat bersyukur dengan acara ini. Jadi mari, saya mengajak kepada masyarakat Surabaya untuk menjadi tuan rumah yang baik, menyambut mereka semua. Saya yakin, masyarakat Surabaya itu ramah dan murah senyum," kata Risma.

Setelah memparadekan sekaligus mempromosikan budaya masing-masing negara dan daerah, seluruh peserta melakukan parade selanjutnya, dengan mengendarai becak hias dari pertigaan Jalan Genteng menuju Taman Surya Balai Kota Surabaya. 

Untuk diketahui, event ini diikuti 10 negara diantaranya Cina, Korea Selatan, Polandia, Mexico, Rumania, Russia, Bulagaria, Jerman, New Zealand dan Uzbekistan. Sedangkan tamu dalam negeri berasal dari Kota Singkawang, Kabupaten Bone Sulawesi Selatan dan Kota Banjarmasin. (MC. Singkawang/Kus)