TNI-Polri Bersama Masyarakat Berjibaku Padamkan Api Kebakaran Lahan

:


Oleh MC PROV KALIMANTAN BARAT, Senin, 16 Juli 2018 | 09:39 WIB - Redaktur: Kusnadi - 496


Sintang, InfoPublik - Anggota Koramil 1205 -09/Merakai dan Anggota Polsek Ketungau Tengah bersama dengan masyarakat melakukan patroli dan berjibaku mengatasi terjadinya Karhutla di Desa Radin Jaya, Ketungau Tengah, Minggu (15/7) siang.

Babinsa Radin Jaya, Serda Baso Yusuf mengatakan bahwa pihaknya harus berjibaku cukup lama dengan api dan asap guna memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lokasi tersebut.

"Lahan tersebut diketahui milik Bapak Niko yang bermaksud membuka ladang. Kami berharap masyarakat agar berhenti melakukan pembakaran lahan untuk berladang karena dampaknya sangat berbahaya," katanya.

Lanjutnya bahwa selain mengganggu kesehatan khususnya pernapasan masyarakat sekitar, dampak yang ditimbulkan kebakaran hutan dan lahan yang masiv dapat berdampak secara nasional bahkan internasional.

Beberapa waktu lalu, Danrem 121/Alambhana Wanawai Brigjen TNI Bambang Ismawan juga menyampaikan bahwa jika ada masyarakat yang ingin membuka lahan dengan membakar agar dikomunikasikan dengan Babinsa.(MC Prov. Kalbar/Kus)