Mengenal LRT Sumsel, Moda Transportasi Pendukung Asian Games 2018

:


Oleh Dian Thenniarti, Jumat, 13 Juli 2018 | 12:48 WIB - Redaktur: Juli - 584


Jakarta, InfoPublik - Gelaran olahraga Asian Games 2018 semakin dekat, terkait hal itu pemerintah membangun tiga Light Rail Transit (LRT) antara lain di kota Palembang, Sumatera Selatan, sebagai transportasi pendukung dalam pelaksanaan Asian Games.

LRT adalah kereta api yang konstruksinya ringan dan memiliki lintasan di atas tanah (elevated), yang merupakan karya anak bangsa, dan dikerjakan oleh PT Waskita Karya, PT INKA Madiun, PT KAI dan PT Len Industri yang beroperasi pada Juli 2018.

LRT Sumsel memiliki 8 trainset yang masing-masing terdiri dari 3 kereta dan mampu menampung 536 orang. Selain itu LRT Sumsel memiliki kecepatan maksimal 100km/ jam dengan waktu tempuh 30-40 menit. LRT Sumsel yang panjang jalurnya 22,3 km akan menghantarkan dari Bandara SMB II menuju kawasan Jakabaring Sport City. LRT Sumsel akan beroperasi selama 18 jam/ hari.

Untuk menjamin keamanan dan keselamatan, LRT Sumsel telah melalui beberapa pengujian dan sertifikasi sarana, antara lain uji akselerasi, deselerasi, rem, kebisingan, getaran dan temperatur udara. LRT disebut dapat mengurangi kemacetan, meningkatkan mobilitas masyarakat, dan mengurangi polusi udara. 

LRT Sumsel yang terintegrasi dengan moda lain, menghemat biaya pembangunannya menjadi sebesar Rp10.9 triliun. jumlah ini ebih murah dari biaya pembangunan LRT di Malaysia dan Manila.

 

 

 

(Sumber: Kementerian Perhubungan)