Sawahlunto, InfoPublikSebanyak 67 jemaah calon haji (JCH) Sawahlunto 2018 ini akan berangkat menuju tanah suci Makkah. JCH asal Sawahlunto ini akan berangkat melalui kelompok terbang (Kloter) V gelombang pertama Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

"Insya Allah, calon jemaah haji akan berangkat Sabtu 21 Juli 2018 ini ke Baitullah," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Sawahlunto, Idris Nazar, Kamis 12 Juli 2018.

Sebelumnya, JCH asal Sawahlunto telah dibekali dengan persiapan teknis berupa manasik dan pemeriksaan kesehatan. Manasik pun sudah dilakukan berkali-kali untuk lebih memantapkan penyelenggaraan haji nantinya. Dikemukakan Kepala Kantor Kemenag, pada Jumat 20 Juli 2018 nanti, JCH sudah masuk asrama haji Tabing, Padang. Kemudian esoknya, JCH sekitar pukul 22.00 WIB terbang menuju Jeddah dari embarkasi BIM.

Direncanakan sebelum berangkat, Pemko Sawahlunto secara seremonial melepas di Masjid Agung Nurul Islam. Di Kloter V, JCH Sawahlunto akan bergabung dengan JCH dari Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan Padang.

"JCH Sawahlunto tahun ini yang berangkat menunaikan ibadah haji bertambah dari 58 orang di musim haji 2017 menjadi 67 orang sesuai nomor urut pendaftaran dan kuota ditentukan pemerintah," ujar Idris. (Eko Kurniawan, S.Kom/Diskominfo)