Martapura, InfoPublik – Keberadaan Perhimpunan Penyuluhan Pertanian Indonesia (Perhiptani), diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan wawasan para penyuluh di Kabupaten Banjar, sehingga mampu mendorong peningkatan sektor pertanian di daerah setempat.

Bupati Banjar H Khalilurrahman saat membuka seminar yang diselenggarakan oleh Perhiptani Banjar dengan tema “Mengadaptasikan Metode Penyuluhan Pertanian untuk Generasi Milenial” di Mahligai Sultan Adam Martapura, Kamis (12/7), menyebutkan perkembangan teknologi menuntut para penyuluh pertanian untuk terus mengasah pengetahuan dan kemampuan mereka.

H Khalillurahman, menyatakan terkesan dengan dilaksanakannya seminar oleh Perhiptani yang sangat bermanfaat bagi pengembangan karakter penyuluh pertanian Kabupaten Banjar.

Bupati yang akrab disapa Guru Khalil ini menyampaikan, semakain berkembangnya teknologi menjadi  tantangan bagi para penyuluh pertanian. Diharapkan dengan diadakannya acara seminar dan menghadirkan narasumber yang berkompetensi di bidangnya akan memambah wawasan dan kiat-kiat bagi para Penyuluh Pertanian di Kabupaten Banjar dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan.

Ketua Panitia Seminar Murkiani Rahman, Sp. Menyampaikan, Perhiptani merupakan organisasi bagi profesi Penyuluhan Pertanian di Indonesia. Perhiptani sebagai tempat yang mewadahi penyuluh pertanian yang salah satunya berfungsi untuk mendorong dan meningkatkan profesionalisme penyuluh pertanian dalam mengembangkan fungsinya.

Perhiptani Kabupaten Banjar mengagendakan  dilaksanakan kegiatan semacam seminar dan lainnya guna untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi para anggota Perhiptani Kabupaten Banjar. “Semoga dengan diadakannya seminar dengan tema tersebut, Penyuluh Pertanian Kabupaten Banjar dapat menjawab tantangan di tengah derasnya arus informasi teknologi saat ini atau  yang disebut dengan era milenial,” ujarnya.

Seminar selain dihadiri Bupati Banjar H Khalillurahman, juga tampak Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) Ir. H.M Fachry, MP, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar Ir. H. Dondit Bekti A, Para Pengurus DPW Perhiptani Kabupaten Banjar dan para penyuluh. Sedangkan narasumber menghadirkan Dekan Fakultas Pertanian Pertanian Universitas Lambung Mangkurat,  Prof. Dr. Ir. H. Lutfhi, M.s.

Di sela acara juga disampaikan pemberian penghargaan kepada lima orang Penyuluh Pertanian di Kabupaten Banjar antara lain Muhidin, Sp, Tatang Hermawan. Sp, Gaib Misyadi. Sp, Asmaji. Sp dan Syamsul Anwar. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/dessy/dani/eyv)