Indramayu, InfoPublik – Guna mengurangi biaya ATK (Alat Tulis Kantor) atau perlengkapan surat menyurat pada Pemerintahan, dan Terwujudnya masyarakat informasi melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi menuju Indramayu E-Govermment, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)Kabupaten Indramayu meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Administrasi Surat (Simanis.indramayukab.go.id).

Aplikasi simanis.indramayukab.go.id merupakan aplikasi tentang surat meyurat seperti memasukan surat masuk dan memasukan surat keluar dengan secara online, dimana pengguna aplikasi dapat mengupload surat, baik itu surat masuk atau surat keluar dengan format pdf, sehingga surat dapat didisposisi dan dilihat oleh Kepala Dinas maupaun anggotanya mengguanakan Handfond atau Laptop dan Komputer di tempat mana pun.

Kepala Bidang (Kabid) Teknik Informatika (TIK) Dra. Laela Hosilawati, MSi di dampingi Kepala Seksi (Kasi) Tata Kelola E-Government dan Pengembangan Aplikasi pada Dinas  Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu, Heru Susanto, ST menjelaskan, aplikasi tersebut untuk Terwujudnya  masyarakat informasi melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi menuju Indramayu E-Govermment, dan system pelayanan secara online selain itu karena Kabupaten Indramayu terpilih menjadi anggota Smart City.

“Sesuai tujuan Sistem Pemerintahan Kabupaten Indramayu, dengan penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warga,”jelasnya. Kamis (12/2)

Heru menambahkan peluncuran aplikasi simanis.indramayukab.go.id saat ini masih bersifat percobaan dengan melibatkan 4 Dinas di Kabupaten Indramayu untuk penggunaanya seperti Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus), Dinas Ketahanan dan Kesehatan Hewan (Dinkeswan), dirinya berharap kedepanya aplikasi tersebut dapat berjalan dan di gunakan oleh semua kantor pemerintahan di indramayu.

“Sebagai percoabaan saat ini 4 Dinas di libatkan dalam peluncurkan aplikasi SIMANIS, berharap nantinya aplikasi tersebut dapat di gunakan dengan baik, dan bias di gunakan oleh semua instansi di SKPD maupun OPD di Indramayu,”harapanya. (Mc. Kab. Indramayu / M.Toyib/Eyv)