Jakarta,InfoPublik-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau seluruh jajaran kecamatan, tetap fokus dalam melayani masyarakat dan  meningkatkan kewaspadaan. 

"Bapak-bapak dan ibu-ibu adalah garda terdepan penyelengggaraan pemerintahan dalam negeri bersama unsur pemerintahan desa dan kelurahan. Saya juga mengingatkan, di kecamatan ini adalah  polsek, koramil, babinsa, babinkantibmas. Ada tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, pemuda dan kaum perempuan. Intensifkan koordinasi dan komunikasi," ujar  Mendagri, usai inspeksi mendadak (Sidak) di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/7).

Menurut Mendagri,  dalam melayani masyarakat aparatur harus tulus,  penuh dedikasi, dan jujur.

 "Jauhi tindakan koruptif dalam pelayanan masyarakat, sekecil apapun itu. Dan saya juga minta selalu  memperhatikan  aspirasi dan kebutuhan masyarakat," paparnya.

Selain itu, Mendagri juga menanyakan perkembangan  pelayanan perekaman KTP elektronik (El)

 "Tolong semua ikut membantu mengoptimalkan pelayanan khususnya KTP El. Ikut mendorong masyarakat agar juga pro aktif melakukan perekaman," ungkapnya.

Dia menambahkan,  optimalisasi pelayanan perekaman KTP el sangat penting.

"Pada pemilihan legislatif 2019 dan pemilihan presiden  2019, semua pemilih harus pakai  KTP el, jadi ini harus jadi perhatian kita semua," pungkasnya.