Jakarta, InfoPublik - Google Maps telah menindaklanjuti hasil diskusi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dengan membuat fitur penunjuk ruas jalan yang diterapkan Ganjil - Genap (GaGe) pada ruas jalan tambahan. 

Kepala BPTJ Bambang Prihartono menyampaikan, hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam menentukan pilihan alternatif jalan sehingga masyarakat tidak kebingungan dalam memperoleh informasi ruas mana yang diberlakukan sistem GaGe. Pasalnya, pengemudi mobil yang belum familiar dengan aturan ini berisiko ditilang apabila melanggar.

Untuk memanfaatkan fitur layanan tersebut, sebelumnya para pengemudi dapat mengunduh Google Maps di aplikasi Android Google Play Store.

Adapun jalur alternatif tersebut hanya akan muncul apabila pengguna meminta directions di waktu pemberlakuan aturan ganjil-genap, yakni antara pukul 07.00 hingga 10.00 untuk pagi hari, dan antara pukul 16.00 hingga 20.00 untuk sore dan malam hari. Di luar dua periode waktu itu, rute navigasi akan disajikan seperti biasa tanpa menghindari jalur ganjil-genap.

Sebelumnya, terdapat delapan ruas jalan yang diperluas penerapan GaGe, yaitu Benyamin Sueb, Ahmad Yani, DI Panjaitan, kemudian masuk ke MT Haryono, Gatot Subroto, M Suparman, kemudian di Kuningan satu lagi di Pondok Indah.

Menurut Bambang, ruas-ruas jalan itulah yang nanti menjadi koridor utama untuk pergerakan atlet dan official selama pertandingan Asian Games berlangsung mulai 18 Agustus selama 2 minggu.