Wabup Sergai Sambut Tim Nusantara Sehat Kemenkes RI

:


Oleh MC KAB SERDANG BEDAGAI, Rabu, 11 Juli 2018 | 09:14 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 688


Serdang Bedagai, InfoPublik - Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya, Selasa (10/7) menyambut kedatangan Tim Nusantara Sehat Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Pendamping Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan (Pusrengun) Kemenkes RI drg. Heti Permatawati, M. KM, Kadis Kesehatan beserta jajaran, para Camat, para Kepala Puskesmas serta para Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat.

Saat menyambut kedatangan dari tim tersebut, Wabup Sergai Darma Wijaya mengucapkan selamat datang  kepada para tenaga Kesehatan Nusantara Sehat di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negri Beradat. Kami sangat berterimakasih kepada Kemenkes yang perduli terhadap kesehatan di daerah kami dengan menurunkan Tim Kesahatan Nusantara Sehat di sini.

Mengingat betapa pentingnya kesehatan bagi masyarakat lanjut Darma Wijaya, Pemkab Sergai memiliki 20 Puskesmas, 78 Puskesmas Pembantu, dengan tenaga kesehatan dokter sebanyak 50 orang PNS dan 6 PTT daerah,  dokter gigi 61 Orang,  perawat 117 Orang,  bidan 597 orang,  Kefarmasian 16 orang,  pekarya 13 orang dan tenaga administrasi 34 orang.  Dengan hadirnya Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat dapat menjadikan masyarakat lebih  sehat. 

Untuk meningkatkan  kesehatan masyarakat,  Pemkab  Sergai juga terus berupaya keras dan bertahap dengan terus berkreasi sekaligus berinovasi untuk mewujutkan visi Kabupaten yang Unggul,  Inovatif dan Berkelanjutan, paparnya. 

Wabup menambahkan bahwa beragam inovasi dalam bidang kesehatan telah kami lakukan seperti mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)  dan Gerakan Empati Masyarakat Sakit (Gemas). Dengan meningkatkan upaya preventatif dan promotif tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif. Melalui kunjungan pada masyarakat sebagai wujud nyata menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

Darma Wijaya berharap dengan kehadiran Tim Kesehatan Nusantara Sehat dapat membantu kami dalam mewujudkan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Sergai.

Diakhir sambutannya Wabup berpesan bagi para Tim Kesehatan Nusantara Sehat jangan takut dan ragu di daerah kami. Mari kita bekerjasama untuk mensukseskan kegiatan ini sehingga semuanya tepat sasaran dan jangan pernah lemah serta lelah untuk membantu masyarakat. Jadilah dokter yang ramah dan berikan pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat, pungkasnya.

Sebelumnya Kadis Kesehatan  Sergai menyampaikan bahwa ada sebanyak 42 Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat yang rencananya akan di sebar di 10 kecamatan diantaranya Kecamatan Bandar Khalifah, Bintang Bayu, Dolok Masihul, Kotarih, Tebing Tinggi, Pegajahan, Silinda, Sipispis, Tanjung Beringin, Tebing Syabandar. 

Tenaga kesehatan tersebut terbagi dalam Tenaga Nutrisionis sebanyak 5 orang, dokter 8 orang, dokter gigi 8 orang, Asisten Apoteker 5 orang, perawat 11 orang, Kesehatan Lingkungan 4 orang dan Pranata Laboratorium Kesehatan. 

“ Saya mengucapkan selamat datang di Sergai, kehadiran kalian semua merupakan kebahagiaan bagi kami, Sergai memiliki motto menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat,  itulah yang saya harapkan dari kita semua yang baru hadir untuk bersama mensukseskan motto Kabupaten Tanah Bertuah negeri Beradat, tukas Kadis Kesehatan.

Diakhir acara diserahkan tenaga kesehatan dari Wabup Sergai Darma Wijaya kepada Kepala Puskesmas untuk selanjutnya melaksanakan tugasnya di kecamatan yang bersangkutan. (MC sergai / vivi/eyv)