Wapres Ingatkan Pentingnya Terobosan Dalam Mengatasi Ketimpangan Antar Daerah

:


Oleh MC KAB BONE BOLANGO, Selasa, 10 Juli 2018 | 20:37 WIB - Redaktur: Tobari - 367


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengadakan kegiatan Indonesia Development Forum (IDF) 2018 dengan tema mengatasi kesenjangan di seluruh Nusantara.

Forum ini yang diikuti oleh beberapa kepala daerah, salah satu di antaranya Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou, para akademisi, peneliti dan perwakilan negara sahabat tersebut, berlangsung di Ballroom Hotel Ritz-Crlton Kuningan, Jakarta, Selasa (10/7). 

Acara yang dibagi dalam beberapa panel diskusi ini, dibuka langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Jusuf Kalla. 

Dalam sambutannya Jusuf Kalla mengingatkan pentingnya terobosan mengatasi ketimpangan antar daerah. Menurutnya, dampak ketimpangan daerah yang signifikan adalah pemberontakan di berbagai daerah pada masa lalu seperti Permesta, PRRI, maupun GAM di Aceh.

“Setiap daerah punya ciri dan kekhasan yang berbeda. Mengatasi ketimpangan di daerah harus mengidentifikasi potensi daerah apa yang bisa ditingkatkan dan dikembangkan agar bisa maju dan berkembang. Ratusan pulau memerlukan perlakuan berbeda,” kata Wapres  Jusuf Kalla.

Sebelumnya, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro mengungkapkan IDF kali ini merupakan yang kedua setelah pelaksanaannya tahun lalu. Tahun ini, IDF membahas terobosan menghadapi kesenjangan antar wilayah. 

"Ini sejalan dengan Nawacita dan RPJMN 2020-2024 serta mendukung agenda pembangunan Indonesia, khususnya Nawacita 3, yakni membangun Indonesia dari pinggiran,”ungkap Bambang Brojonegoro. (MC Bone Bolango/Hms/Afik/Kadir/toeb)