Realisasi Penerimaan Pajak Kian Membaik

:


Oleh lsma, Selasa, 10 Juli 2018 | 22:19 WIB - Redaktur: Juli - 208


Jakarta, InfoPublik - Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan Yon Arsal mengatakan realisasi penerimaan pajak saat ini terus mengalami perbaikan dari tahun-tahun sebelumnya.

"Pencapaian penerimaan pajak higga akhir Juni 2018 sudah makin membaik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," kata Yon Arsal dalam acara NgobraS (Ngobrol Santai) di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (10/7).

Untuk diketahui, Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan mencatat realisasi penerimaan pajak hingga akhir Juni 2018 telah mencapai Rp581,54 triliun atau 40,84 persen dari target Rp1.424 triliun. Penerimaan pajak tersebut tumbuh 13,96 persen dibandingkan periode sama di 2017.

Yon menjelaskan, membaiknya realisasi penerimaan pajak tersebut karena didukung Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang terbantu oleh kenaikan harga minyak dunia. Kenaikan harga minyak dunia memberikan kontribusi yang positif kepada penerimaan negara secara keseluruhan.

"Untuk 'full year' kami masih optimis, karena PNBP surplusnya juga besar. Potensi untuk 'shortfall' memang masih ada, tapi kita tidak se-khawatir tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya.