Cuaca Buruk, Kapal Antar Pulau di Mentawai Tak Jalan

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Selasa, 10 Juli 2018 | 17:47 WIB - Redaktur: Tobari - 372


Mentawai, InfoPublik - Cuaca Mburuk menyebabkan kapal antar pulau di Mentawai tujuan Tuapeijat (Sipora Utara) - Siberut dan Tuapeijat - Sikakap tak jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Mentawai, Edi Sukarni mengatakan kapal yang batal berangkat, Kapal Motor (KM) Nade tujuan Sioban, Pasapuat, dan Sikakap, sementara KM Beriloga dengan rute Siberut Selatan, Saibi Samukop, dan Pokai (Sikabaluan).

"Untuk hari ini kapal kita batal berangkat, karena cuaca sangat tidak mendukung, tidak mungkin kita berangkatkan, nanti berakibat fatal kepada para penumpang, jangan sampai terjadi seperti berita - berita yang kita lihat, ada kapal karamlah atau sebagainya," kata Edi di Tuapeijat, Selasa (10/7).

Selain dua kapal batal berangkat, kapal lainnya, KM. Pulau Simasin harus mengurungkan niatnya berangkat dari Dermaga Maileppet (Siberut Selatan) menuju Tuapeijat.

KM. Pulau Simasin juga batal berangkat, sebenarnya Simasin itu sudah jalan Senin kemaren, namun pas penyeberangan antara ujung Siberut Barat Daya dan Pulau Sipora di situ badai, karena badai, Simasin sempat singgah di Malilimok.

"Dan tadi pagi mereka sudah coba jalan lagi menuju Tuapeijat, namun sama, tidak bisa juga, akhirnya KM Pulau Simasin kembali lagi ke Maileppet," jelas Edi.

Untuk KM Nade dan Beriloga diperkirakan akan berangkat lagi mulai Rabu (11/7), dengan tujuan yang sama, berangkat pukul 08.00 WIB pagi.

Sementara kapal antar pulau milik Pemerintah Daerah (Pemda) Mentawai saat ini ada sekitar enam unit, namun satu kapal, KM Simatalu sedang dalam perbaikan di Pelabuhan Mailppet. (Eko Kurniawan/Diskominfo/toeb)