Sergai Berpartisipasi Pada Ajang APKASI Otonomi Expo Tahun 2018

:


Oleh MC KAB SERDANG BEDAGAI, Selasa, 10 Juli 2018 | 09:48 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 422


Serdang Bedagai, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang bertaraf Internasional yaitu Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2018, Trade, Tourism & Investment bertempat di Hall 3&3a Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang Selatan. 

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo pada Jum’at (6/7) dan berlangsung mulai tanggal 6-8 Juli 2018 dengan mengusung tema “Meningkatkan Daya Saing Daerah Dalam Merebut Pasar Global" menghadirkan beragam potensi yang dimiliki tiap daerah se-Indonesia.

Acara yang digelar selama tiga hari ini diikuti oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota, Provinsi, Kementerian, Lembaga Negara non Kementerian, BUMN, lembaga donor, perusahaan swasta nasional dan multinasional, Atase Perdagangan Luar Negeri, para pelaku usaha/Industri Kecil Menengah, mahasiswa, serta masyarakat umum.

Seperti halnya dengan daerah lain yang ikut mempromosikan potensi daerahnya, Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat juga tidak ketinggalan dengan memajangkan hasil potensi yang dimiliki diantaranya sektor pertanian seperti beras organik dan benih padi. Perikanan seperti ikan sale, pariwisata memamerkan objek wisata pantai dan arung jeram, UKM hasil makanan dan kerajinan tangan dengan bahan baku dari pandan serta sektor industri lainnya. Selain itu juga telah dipersiapkan sarana dan prasarana dalam menyukseskan kegiatan ini antara lain video yang memuat potensi daerah, buletin, buku, leaflet, brosur dan lainnya.

Disela-sela kegiatan tersebut, Bupati Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa APKASI  Expo 2018 ini yang menjadi fokusnya adalah upaya daerah menuju kedaulatan pangan nasional. Meskipun pangan namun cascading-nya ada Infrastruktur,  agro wisata dan masa-masa energi sehingga bisa menanggulangi kedaulatan pangan. 

Oleh karenanya Bupati juga berharap kepada seluruh OPD Kabupaten Sergai yang hadir agar  mampu membangun jaringan sehingga Rakernas dan Apkasi Expo ini bisa berdampak kepada pembangunan di daerah-daerah.

"Kami akan terus berupaya membangun Sergai dan dengan terbangunnya jaringan antara Sergai dengan pihak-pihak tertentu akan menambah tingkat pembangunan di Tanah Bertuah,”  tegasnya. 

Tampak begitu ramai para pengunjung yang memadati Stand milik Kabupaten Sergai, hal ini menggambarkan bahwa begitu aktif dan dikenalnya kabupaten ini dikancah dunia yang berbasis organik hingga membuat  Presiden International Federation of Organik Agriculture Movement (IFOAM) dari Asian Local Government for Organic Agriculture (ALGOA)  Zhiau Chang pun turut berkunjung. 

Usai menerima kunjungan dari Presiden IFOAM, Bupati menyempatkan berkeliling mengunjungi beberapa Stand yang dimiliki kabupaten/kota lain dengan didampingi beberapa Kepala OPD Sergai yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Dalam kunjungannya Bupati melontarkan beragam pertanyaan mengenai barang-barang hasil kerajinan  maupun olahan khas stand kabupaten/kota yang dikunjunginya. 

Mengakhiri acara Bupati Soekirman yang didampingi beberapa Kepala OPD menyempatkan untuk ikut dalam Executive Dialogue and Business Matching Forum yang di gelar di Ruang Garuda 5 AB Lantai 1 Indonesia Convention Exhibition (ICE)  BSD City,  Tangerang Selatan.

APKASI Otonomi Expo 2018 juga dirangkaikan dengan Rapat kerja nasional (Rakernas)  XI APKASI 2018 dengan tema "Upaya Daerah Menuju Kedaulatan Pangan Nasional". (mc sergai / vivi/eyv)