Kapolres Sanggau Dimutasi Mendadak

:


Oleh MC PROV KALIMANTAN BARAT, Senin, 9 Juli 2018 | 17:40 WIB - Redaktur: Tobari - 3K


Pontianak, InfoPublik - Kapolres Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan dimutasi secara mendadak, Kamis (5/7) kemarin. Tak hanya dicopot, perwira menengah Polri ini juga harus menjalani pemeriksaan oleh internal Polri. 

Informasinya, lulusan Akpol angkatan 1997 itu dicopot karena dugaan penyalahgunaan dana pengamanan Pilkada Gubernur Kalbar di Sanggau, yang dipotong termasuk uang saku untuk jatah anggota.

Pencopotan Rachmad tertuang dalam ST/1660/VII/KEP/2018 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto. Dalam TR tersebut Rachmat diganti oleh AKBP Imam Riyadi yang sebelumnya duduk sebagai Kapolres Kapuas Hulu.

Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono yang dihubungi secara terpisah membenarkan perihal pencopotan Rachmat. "Yang bersangkutan memang terindikasi (memotong dana Pilkada). Kini sedang diperiksa oleh Propam Polda," lanjutnya.

Kasus yang membelit Rachmat sangat memprihatinkan karena sebenarnya kinerjanya selama ini mengkilap. Misalnya dia mengajak warga untuk membudidayakan jamur tiram. Dia juga dikenal sebagai perwira yang sukes mengungkap kasus narkoba melalui Entikong.

Sanggau adalah daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia di mana medannya sangat berat. Termasuk bagi anggota Polri yang menjaga logistik Pemilu hingga ke pelosok. (MC Kalbar/toeb)