Pemkab Pasaman Kembali Raih Penghargaan Bergengsi Tingkat Nasional

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Senin, 9 Juli 2018 | 13:32 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 303


Manado, InfoPublik - Pemerintah pusat kembali mewujudkan apresiasinya kepada kepala daerah yang dinilai telah menunjukkan komitmen dan dukungan, serta berjasa dalam program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Hal itu dibuktikan, dari ratusan kepala daerah se-Indonesia, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis salah satu bupati yang menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tahun 2018.

Pemberian penghargaan kepada Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 44/TK/Tahun 2018 tentang penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan, dan Keputusan Presiden RI nnomor : 45/TK/Tahun 2018 tentang penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Wirakarya dan Keputusan Kepala BKKBN nomor : 57/KEP/G2/2018 tanggal 7 Juni 2018 tentang penerimaan Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Darma Karya Kencana dan Cipta Karya Kencana tahun 2018. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani dalam acara Malam Temu Prestasi dalam rangka Hari Keluarga Nasional XXV di Komplek Bumi Beringin, Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat, 6 Juli 2018.

Acara itu turut dihadiri oleh Menteri PPPA, Yohana Yembise, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Plt. Kepala BKKBN, Sigit Priohutomo, Ketua Umum TP-PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, jajaran OPD se-Sulut, jajaran BKKBD se-Indonesia. Penghargaan bergengsi yang diberikan pemerintah pusat itu, dikarenakan Pemkab Pasaman dinilai berhasil dalam penilaian yang meliputi dua aspek yaitu aspek dukungan komitmen dan aspek capaian program KKBPK, serta telah melalui proses peninjauan lapangan dari tim Sekretariat Militer Kepresidenan dan BKKBN.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, penghargaan bergengsi yang berhasil diterima dari pemerintah pusat ini merupakan bentuk keseriusan Pemkab Pasaman bersama masyarakat dalam mensukseskan program pemerintah. Dalam hal ini, katanya, Pemkab Pasaman telah mengimplementasikan dengan serius pembangunan bidang KKBPK melalui program kependudukan keluarga berencana lewat dukungan anggaran, pemenuhan sarana dan prasarana serta capaian jumlah peserta KB aktif dan baru. Di samping itu, untuk mendukung pembangunan program KKBPK ini.

Pemkab Pasaman juga telah mengalokasikan dana melalui APBD dengan porsi yang meningkat setiap tahun. Dan setiap pembangunan harus berwawasan kependudukan, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Kita telah berusaha dengan maksimal untuk mendukung seluruh program dari pemerintah. Alhamdulillah, berkat kerjasama semua stakeholder terkait dan masyarakat Pasaman, kita berhasil meraih penghargaan tersebut,” ungkap bupati. Selain itu, Bupati Yusuf Lubis juga berkomitmen untuk memajukan program kependudukan, KB, dan pembangunan keluarga di ranah Pasaman ini.

“Kita akan terus berupaya menjadikan keluarga sebagai tempat pertama dan utama dalam membangun manusia Indonesia yang berkarakter, berkemajuan, dan berjiwa gotong royong, berlandaskan Pancasila diranah Pasaman Saiyo ini,” ujar bupati. (Eko Kurniawan, S.Kom/Diskominfo/Eyv)