Dukung Asian Games Lewat Aplikasi Duta Suporter Indonesia

:


Oleh Gusti Andry, Senin, 9 Juli 2018 | 09:54 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 334


Palembang, InfoPublik - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Sabtu (7/7), memperkenalkan sebuah aplikasi baru bernama Duta Suporter Indonesia.

Kepada awak media nasional dan internasional, yang hadir di Kompleks Jakabaring, Palembang, Menkominfo menyampaikan perkenalan versi trial dari aplikasi tersebut dilakukan demi bisa memberikan informasi awal kepada awak media. Dengan mengenalkan aplikasi versi trial tersebut, ia berharap awak media dapat mencobanya lebih dahulu. Selanjutnya, mereka  dapat memberikan masukan sebelum aplikasi itu secara resmi diluncurkan, pada 10 Juli 2018.

Program dan Aplikasi Duta Suporter Indonesia yang digagas Rudiantara dan tim, berawal dari ide untuk melibatkan seluruh masyarakat Indonesia. "Harus dimengerti bahwa Asian Games bukanlah milik masyarakat yang tinggal di tempat terlaksananya event olahraga itu saja. Tapi juga milik masyarakat yang ada dari 34 provinsi di Indonesia," kata Menteri yang biasa disapa Chief RA itu.

Aplikasi berbasiskan Android tersebut kini sudah tersedia di Google Play Store. Itulah sebabnya, Chief mengatakan, selama 30 hari ke depan, setelah mengunduhnya, publik sudah dapat melakukan registrasi. "Silakan publik melakukan registrasi untuk mencalonkan diri sebagai calon duta suporter dari provinsinya masing-masing demi mendukung pelaksanaan Asian Games 2018," jelasnya.  

Selama masa program atau 30 hari, para calon duta akan mendapatkan tugas-tugas yang berhubungan dengan Asian Games dan daerahnya, dimana masing-masing tugas ini nanti akan dapat di-vote. Di akhir program, duta terpilih dengan vote terbanyak di masing-masing provinsi, 68 orang, 1 pria dan 1 wanita dari 34 provinsi, akan mendapatkan undangan untuk bersama menghadiri acara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta!

Menkominfo mengatakan bahwa, “Asian Games 2018 ini adalah sebuah kegiatan penting untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kominfo melakukan banyak kegiatan untuk memromosikan Asian Games 2018, khususnya program dan aplikasi Duta Suporter Indonesia ini bertujuan untuk melibatkan dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia dari 34 provinsi untuk ikut memiliki Asian Games 2018 secara digital.”

Sementara itu, Enda Nasution, Partner di Suvarna.ID sebagai tim yang mendevelop aplikasi dan program ini menyampaikan, “Asian Games 2018, bukan saja milik para atlit yang berlaga, tapi juga kita dapat mendukung sebagai suporter yang baik dan bijak, para 68 orang Duta
Suporter yang mewakili 34 Provinsi nanti akan berkesempatan untuk bertemu dan hadir bersama dengan penonton Asian Games dari berbagai bangsa sehingga dapat merasakan secara langsung semangat dan keseruan upacara pembukaan Asian Games 2018.”