Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi Dukung Revolusi Industri

:


Oleh Tri Antoro, Sabtu, 7 Juli 2018 | 17:13 WIB - Redaktur: Juli - 256


Jakarta, InfoPublik - Menghadapi era revolusi industri 4.0, pemerintah telah membangun berbagai infrastruktur telekomunikasi yang akan mensinergikan revolusi industri dengan perkembangan teknologi berbasis berbasis digital.

"Adanya proyek palapa ring membuktikan apa yang dilakukan pemerintah sudah on the track," ujar Politisi Ditto Ario Tedjo di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (7/7).

Menurut dia, infrastruktur telekomunikasi yang sedang dipersiapkan pemerintah saat ini akan mendukung revolusi industri di berbagai bidang. Revolusi yang akan terjadi di Indonesia ini memerlukan bantuan infrastruktur, karena telekomunikasi berbasis digital tidak biisa dipisahkan dari revolusi industri ini.

"Sebetulnya revolusi industri masa kini sudah lebih modern dengan menggunakan teknologi berbasis digital," imbuhnya.

Contohnya, lanjut Ditto, di negara Tiongkok dalam setiap industrinya sudah menggunakan teknologi artificial intelegent, hasilnya dapat memaksimalkan industri. Bahkan, Amerika Serikat dibuat keok oleh teknologi tersebut, ketika melakukan momentum revolusi industri berbasis digital beberapa waktu lalu.

Kehadiran teknologi yang pesat, tentunya akan berdampak positif pada berbagai industri barang maupun jasa. Disamping itu, penggunaan teknologi informasi berbasis digital akan membuat industri lebih efisien dalam setiap pengelolaannya.

"Ke depan, pekerjaan pengacara dan dokter akan mengisi konten saja dengan adanya perkembangan teknologi," pungkasnya.