After Mining Wadahi Pemuda Lokal Untuk Kembangkan Wisata Sumur Tua

:


Oleh MC KAB BOJONEGORO, Jumat, 6 Juli 2018 | 16:39 WIB - Redaktur: Tobari - 883


Bojonegoro, InfoPublik – Keberadaan kompleks penambangan minyak tradisional yang dikenal dengan sebutan Sumur Tua di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, menjadi perhatian tersendiri bagi beberapa pemuda yang tergabung dalam program After Mining Inovation Camp.

After Mining Innovation Camp adalah sebuah program pelatihan holistik dan pengembangan kreativitas pemuda dalam menemukan serta mengembangkan potensi lokal non-tambang di daerah pertambangan. Pesertanya berasal dari tiga kelompok. 

Zonasi satu adalah pemuda dari sekitar tambang, zonasi kedua adalah pemuda yang berasal dan berkarir di Bojonegoro serta zonasi tiga adalah pemuda asal Bojonegoro namun berkarir di luar kota.

“Dengan tiga kelompok yang berlatarbelakang berbeda inilah kami ingin mengkolaborasikan pemikiran untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan sesuai dengan kondisi di Wonocolo,” terang tim After Mining, Afrodita Indayana.

Kegiatan yang sudah berjalan sejak Juni 2018 ini digelar dalam tiga kali perkemahan (camp). Dalam camp tersebut, para peserta yang telah melalui seleksi ketat ini akan mendapatkan berbagai materi yang berkenaan tentang wisata, lingkungan hingga pengelolaan bisnis.

Hal ini diakui oleh Radinal, salah satu peserta camp yang juga salah satu anggora Bojonegoro Creative Network. Menurutnya, banyak ilmu baru yang diperolehnya selama mengikuti camp pertama yang berlangsung pada Juni lalu.

“Dalam After Mining banyak ilmu baru. Seperti model bisnis dengan metode kanvas yang bisa memetakan dan memecahkan masalah. Selain itu, konsepnya adalah mengkolaborasikan antara community, government, media hingga akademisi sehingga banyak sekali pengalaman yang didapat,” jelasnya pada kanalbojonegoro.com via telepon, Jum'at (6/7).

Melalui Inovation Camp, After Mining bersama dengan pemerintah daerah Bojonegoro akan mengajak pemuda lokal untuk mengembangkan secara langsung desa wisata tambang dengan tajuk Geopetroleum Heritage di salah satu tambang minyak tertua di Indonesia, yaitu Teksas Wonocolo. 

After Mining Innovation Camp 2018 dilaksanakan dalam beberapa rangkaian program di bulan Juni-Desember 2018, dengan tiga kamp utama pada tanggal 1-3 Juni 2018, 16-19 Agustus 2018 serta 22-23 September 2018.(MC Bojonegoro/toeb)