Asliwardi dari PT. Danone Sopir Teladan Kota Padang

:


Oleh MC KOTA PADANG, Jumat, 6 Juli 2018 | 09:37 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 542


Padang,infoPublik - Asliwardi dari PT. Danone berhasil menjadi juara pertama dalam ajang pemilihan Abdi Yasa Teladan tingkat Kota Padang tahun 2018. Pemilihan ini dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang dari Selasa (3/7) hingga Kamis (5/7) di HW Hotel.

“Kita harapkan para pemenang dan peserta bisa mengajak rekan-rekan satu perusahaanya memiliki pengetahuan seperti yang didapatkan selama kegiatan pemilihan ini,”ujar Kepala Dishub Kota Padang Dedi Henidal diwakili Sekretaris Dishub Yudi Indra, Kamis (5/7).

Yudi menyebut, pemilihan ini diikuti sekitar 15 orang pengemudi angkutan umum. Seperti pengemudi angkutan kota, taksi, antar provinsi yang berdomisili di Kota Padang. Kegiatan pemilihan Abdi Yasa Teladan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membekali pengemudi angkutan umum dengan pengetahuan, keterampilan dan pemahaman terhadap peraturan lalulintas. Diharapkan nantinya, saat pengemudi bekerja dilapangan, mampu menjadi teladan bagi rekan-rekan sesama pengemudi angkutan umum.

“Kami berharap, pemenang dan peserta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dari kegiatan ini untuk diaktulisasikan. Kemudian menjadi budaya dalam menjalankan profesi sebagai pelayan masyarakat dibidang transportasi angkutan umum,”tuturnya.

                                                                                                                                                           Ia menginformasikan, sekitar 90 persen penyebab kecelakaan adalah akibat kesalahan manusia atau human error. Untuk itu, pengemudi angkutan umum sebagai pelayanan publik harus mengetahui terkait aturan-aturan yang berlaku di lalulintas. Berkendara dijalanan mesti mematuhi aturan serta paham terhadap marka jalan.

“Pengemudi angkutan umum harus dapat diandalkan dalam menjamin keamanan, keselamatan, dan kenyamanan masyarakat sebagai penumpang,”katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Operasional Dishub Kota Padang Eri Surya Jaya menuturkan, kegiatan pemilihan ini bekerjasama dengan pihak Polresta Padang, Jasa Raharja dan Organda. Pemenang nantinya akan ikut mewakili Kota Padang ke tingkat provinsi. “Kami harap Kota Padang bisa melaju ke tingkat nasional seperti tahun-tahun sebelumnya,”ucap Eri.

Pemenang pertama Asliwardi dari PT Danone mendapatkan nilai 85,94 dan berhak membawa hadiah Rp3 juta. Kemudian juara kedua, Putra Hakimi dari PT Blue Bird Taxi dengan nilai 76,24 mendapatkan hadiah Rp2 juta, dan juara ketiga diraih Ade Putra Irawan dari PT Cantigi Tour. (mcPadang/Wina/Eyv)