Kementerian BUMN Apresiasi Pelindo IV Terbitkan Obligasi

:


Oleh Tri Antoro, Kamis, 5 Juli 2018 | 21:14 WIB - Redaktur: Juli - 530


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) apresiasi PT Pelindo IV (Persero) yang menerbitkan surat obligasi di Bursa Efek Indonesia senilai Rp3 triliun untuk pembangunan proyek strategis di Indonesia Timur.

"Saya apresiasi langkah strategis PT Pelindo IV dalam upaya mencari sumber-sumber pembiayaan di luar APBN untuk menyelesaikan program strategis nasional," ujar Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro ketika mewakili Menteri BUMN Rini Soemarno di BEI, Jakarta, Kamis (5/7).

Adanya penerbitan obligasi di atas, disebut akan berdampak positif terhadap proyek strategis yang sudah dilakukan sebelumnya di beberapa pelabuhan Kawasan Timur Indonesia (KTI), yaitu Makassar New Port, Pelabuhan Bitung, Kendari New Port dan Pelabuhan Pantoloan-Palu.

Ia optimistis jika penerbitan obligasi Pelindo IV ini akan semakin mempercepat pembangunan konektivitas di wilayah KTI.

“Tentunya akan membawa banyak keuntungan bagi perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia Timur," katanya.

Dijelaskan, pihak Kementerian BUMN selalu mendorong agar BUMN bisa lebih mandiri dalam pendanaan, transparan, dan berorientasi kepada kepentingan nasional. Sehingga dalam menjalankan pembangunan, baik pemerintah maupun BUMN tidak lagi hanya bergantung pada APBN. Sebagaimana fungsinya, BUMN adalah agen pembangunan yang bisa memberikan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

"Kami terus mendorong perusahaan negara agar meningkatkan keuangan tidak hanya melalui leveraging, tetapi juga alternatif lainnya," pungkasnya.