Evakuasi Terakhir Penumpang KMP. Lestari Maju Selesai Dilakukan Hari Ini

:


Oleh Dian Thenniarti, Rabu, 4 Juli 2018 | 17:17 WIB - Redaktur: Juli - 419


Jakarta, InfoPublik - Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub R. Agus H. Purnomo menginformasikan bahwa evakuasi para penumpang di atas KMP. Lestari Maju yang kandas di perairan Selayar, Sulawesi Selatan telah selesai dilakukan dini hari, Rabu (4/7) pukul 00.05 WITA dengan menggunakan kapal kapal nelayan dan tim SAR terpadu. 

"Sisa penumpang di atas kapal KMP. Lestari Maju sudah berhasil dievakuasi dengan selamat. Nakhoda kapal dan pemilik kapal menjadi orang terakhir yang berhasil dievakuasi," jelas Dirjen Agus, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (4/7).

Menurut Dirjen Agus, cuaca buruk cukup menghambat proses evakuasi para penumpang kapal karena susah bagi kapal-kapal merapat ke lokasi kandasnya KMP. Lestari Maju.

Atas capaian tersebut, Dirjen Agus mengapresiasi tim SAR yang telah memaksimalkan evakuasi penumpang dengan hati-hati, terencana dengan baik sehingga para penumpang di atas kapal bisa dievakuasi.

Saat ini, Dirjen Agus mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuju lokasi musibah KMP. Lestari Maju di Selayar, Sulawesi Selatan untuk memastikan dan melihat langsung langkah-langkah lanjut terkait musibah kandasnya kapal KMP. Lestari Maju.

"Kami juga menerima laporan adanya korban penumpang yang meninggal dunia akibat musibah kandasnya KMP. Lestari Maju. Saya menyampaikan turut berduka cita bagi para korban meninggal dunia atas musibah ini. Saya dan jajaran Perhubungan Laut sangat prihatin dengan adanya kejadian ini," ujar Dirjen Agus.

Terkait penyebab terjadinya musibah KMP. Lestari Maju, Dirjen Agus menegaskan saat ini pihaknya tengah fokus pada penanganan penumpang yang telah dievakuasi. "Kami serahkan sepenuhnya penyebab musibah kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)," ujarnya.

Dirjen Agus menambahkan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan untuk memastikan jumlah korban yang meninggal.

Sebelumnya, Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menegaskan, kapal penyeberangan KMP. Lestari Maju tujuan Pamatata yang dinakhodai oleh Agus Susanto, sesuai manifest membawa 139 orang penumpang sengaja dikandaskan sekitar 300 meter dari Pantai Pabadilang - Selayar, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Selasa (3/7) pukul 14.30 WITA, dan tidak tenggelam seperti informasi yang beredar di luar.

Adapun kapal tersebut juga membawa kendaraan roda dua sebanyak 18 unit, kendaraan roda empat sebanyak 14 unit, kendaraan golongan 5 sebanyak 8 unit dan kendaraan golongan 6 sebanyak 8 unit dengan jumlah total seluruhnya 48 unit kendaraan. Sebagai informasi, Kapal KMP. Lestari Maju merupakan Kapal jenis Ro-Ro yang melayani lintas penyeberangan Bira - Pamatata.