Serdang Bedagai, InfoPublik - Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya, Jum’at (29/6), menyerahkan bantuan kepada korban  angin puting beliung bertempat di Kantor Desa Sentang, Kecamatan Teluk Mengkudu.

Turut hadir Camat Teluk Mengkudu Muhammad Fahmi, S.STP, M.AP, unsur BPBD, Kepala Desa Sentang Salimuddin, Kades Bogak Besar Syahrum, Kades Pematang Setrak Suprapto, Kades Pematang Kuala Ramlan, anggota TP PKK Desa Sentang, dan masyarakat sekitar.

Di sela-sela penyerahan bantuan, Wabup Darma Wijaya mengungkapkan rasa syukur atas izin Allah SWT karena dapat berkumpul pada hari yang berbahagia ini. “Kami atas nama Pemkab Sergai merasa prihatin atas musibah-musibah yang menimpa 7 Desa di Kecamatan Teluk Mengkudu beberapa waktu yang lalu,” ungkapnya.

Musibah puting beliung lanjutnya, memang sering terjadi dibeberapa daerah termasuk Kabupaten Sergai karena iklim dan cuaca yang tidak dapat diprediksi datangnya. Bantuan ini agar jangan dilihat nilainya, namun hendaknya menjadi bentuk perhatian dan hadirnya negara ditengah-tengah masyarakat.

“ Mari kita bergotong royong dan saling membantu meringankan beban saudara kita yang tertimpa musibah tersebut. Jangan berkecil hati atas musibah yang menimpa, karena semua adalah kehendak Allah SWT,” kata Darma Wijaya. 

Sementara itu, Camat Teluk Mengkudu Muhammad Fahmi, S.STP, M.Si mengemukakan bahwa hal ini adalah salah satu wujud realisasi visi dan misi Bupati-Wabup yaitu senantiasa membantu yang lemah dan tertimpa musibah. Semoga bantuan ini dapat sedikit mengurangi beban masyarakat yang tertimpa musibah angin puting beliung ini, ujar Camat Teluk mengkudu.

Seperti diketahui, 7 Desa di Kecamatan Teluk Mengkudu dilanda puting beliung pada Kamis, 22/6 lalu dengan perincian Desa Sentang 11 rumah, Desa Sialang Buah 21, Desa Pekan Sialang Buah 9 rumah, Desa Makmur 4 rumah, Desa Matapao 1 rumah, Desa Pematang Setrak 5 rumah, Desa Bogak Besar 3 rumah, serta Desa Pasar Baru 1 rumah, dengan total 40 rumah yang terdampak bencana puting beliung tersebut.

Gerai PATEN Kecamatan Teluk Mengkudu Resmi Dibuka

Usai menyerahkan bantuan kepada korban angin puting beliung, Wabup Sergai Darma Wijaya meresmikan Gerai Paten Kecamatan Teluk Mengkudu pada tempat yang sama. Disampaikan Wabup Darma Wijaya bahwa Gerai Pelayanan Administrasi Terpadu Satu Atap (PATEN) yang diresmikan di Desa Sentang ini merupakan implementasi dari inovasi Kecamatan Teluk Mengkudu dalam rangka mengembangkan pelayanan PATEN yang selama ini sudah ada di setiap kantor Camat, namun diaplikasikan dalam bentuk mobile atau jemput bola langsung ditengah masyarakat.

Camat Teluk Mengkudu Muhammad Fahmi, S.STP, M.Si menambahkan dalam waktu dekat, pelayanan juga akan dilaksanakan ditempat strategis seperti pasar, kantor desa dan pusat keramaian lainnya sehingga masyarakat yang dilayani dapat lebih dekat dan cepat dalam mendapatkan pelayanan.(MC Sergai / vivi/Kus)