Hari Ini, Gaji ke-13 ASN Bonebol Dicairkan

:


Oleh MC KAB BONE BOLANGO, Senin, 2 Juli 2018 | 10:06 WIB - Redaktur: Kusnadi - 745


Bonebol, InfoPublik Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) Provinsi Gorontalo, memastikan bahwa gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah itu, akan dicarikan hari ini, Senin (2/7).

Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) Bone Bolango, Jusni Bolilio mengatakan, total anggaran untuk pembayaran gaji ke-13 ASN, berjumlah Rp14 miliar lebih, dan akan dibagikan kepada sekitar 3.859 ASN yang ada di Kabupaten Bone Bolango, termasuk di dalamnya gaji ke-13 pimpinan dan anggota DPRD Bonebol.

“Untuk jadwal pencairannya, Senin (2/7) bersamaan dengan gaji bulan Juli. Insya Allah pada pukul 09.00-10.00 Wita sudah mulai masuk ke rekening masing-masing ASN dan anggota DPRD,” kata Jusni Bolilio saat dihubungi melalui via selulernya, Minggu (1/7).

Jusni melanjutkan, untuk gaji ke-13 ASN dan anggota DPRD ini, tanpa potongan apapun dan besarnya dibayarkan sesuai dengan jabatan, kepangkatan maupun golongan.”Jadi komponen yang dibayarkan dalam gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan isteri dan tunjangan anak. Minus tunjangan kinerja (Tukin),” jelas Jusni Bolilio.

Dia menambahkan, pada prinsipnya Pemkab Bonebol sudah siap membayarkan gaji ke-13, termasuk gaji bulan Juli 2018, karena anggarannya tersedia. Total anggaran yang disiapkan untuk membayar gaji bulan Juli dan gaji ke-13 kurang lebih berjumlah Rp31 miliar.

Adapun rinciannya meliputi gaji bulan Juli 2018 berjumlah Rp16 miliar lebih dan gaji ke-13 berjumlah Rp14 miliar lebih.”Kenapa gaji ke-13 lebih kecil dari gaji bulan Juli? Karena di komponen gaji ke-13 tidak ada tunjangan beras, sementara di gaji bulan Juli ada tunjangan beras,” terang Jusni Bolilio.

Dia menjelaskan, bahwa gaji ke-13 ini diberikan untuk membantu pembiayaan anak sekolah. Dengan demikian, para ASN maupun anggota DPRD bisa mencukupi kebutuhan sekolah anak-anaknya di tahun ajaran baru. Karena alokasi gaji ke-13 ini memang dikhususkan untuk membantu biaya pendidikan anak sekolah.

Lebih lanjut, Jusni mengungkapkan, untuk pembayaran gaji bulan Juli dan gaji ke-13, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bank Sulutgo.”Alhamdulillah mereka pihak Bank Sulutgo sudah siap melakukan pembayaran gaji ke-13 dan gaji bulan Juli 2018 yang jumlahnya mencapai Rp31 miliar,” beber Jusni Bolilio.

Jusni mengatakan, sebagaimana harapan Bupati Hamim Pou, dengan pembayaran gaji ke-13 ini agar kiranya ASN di lingkungan Pemkab Bonebol dapat meningkatkan kinerjanya, khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/Kus)