Pertamina Sesuaikan Harga Pertamax Series

:


Oleh Wawan Budiyanto, Minggu, 1 Juli 2018 | 20:03 WIB - Redaktur: Juli - 247


Jakarta, InfoPublik - PT. Pertamina (Persero) menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), khususnya Pertamax Series dan Dex Series mulai hari ini 1 Juli 2018 dan berlaku di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) seluruh Indonesia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengemukakan, penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex, merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik dimana saat ini harga minyak dunia rata-rata mencapai 75 dolar per barel.

“Bahan baku BBM adalah minyak mentah, tentunya ketika harga minyak dunia naik akan diikuti dengan kenakan harga BBM, dan patut diketahui saat ini Indonesia merupakan negara pengimpor minyak karena tidak seimbangnya antara supply dan demand, serta kecenderungan permintaan meningkat karena pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Adiatma dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (1/7).

Ia menambahkan, penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex tersebut, dilakukan Pertamina sebagai badan usaha, dengan mengacu pada Permen ESDM No. 34 tahun 2018 Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

Pertamina menetapkan harga Pertamax untuk wilayah DKI Jakarta Rp9.500/liter, sementara Pertamax Turbo Rp10.700/ liter. Sedangkan untuk Dex Series, ditetapkan harga Pertamina Dex Rp10.500/liter, dan Dexlite Rp9.000/liter. Sementara itu harga Pertamax di wilayah Indonesia Timur seperti di Maluku dan Papua mengalami penurunan menjadi Rp9.700/liter.

“Penyesuaian harga ini juga dalam rangka Pertamina tetap bisa bertahan untuk menyediaakan BBM dengan pasokan yang cukup sesuai kebutuhan secara terus menerus sehingga tidak mengganggu konsumen dalam beraktivitas sehari-hari di mana pun,” ungkapnya.

Pertamina mengapresiasi masyarakat yang setia menggunakan BBM berkualitas, ramah lingkungan dan sesuai dengan spesifikasi kendaraannya. Karena itu perubahan harga BBM Pertamax Series dan Dex Series, menurut Adiatma masih lebih kompetitif. “Kami senantiasa memberikan BBM dengan kualitas dan harga terbaik bagi konsumen setia Pertamina,” tuturnya.

Untuk penyesuaian harga BBM umum selengkapnya di beberapa daerah, bisa dilihat di www.pertamina.com yaitu https://www.pertamina.com/id/newsroom/announcement/daftar-harga-bbk-tmt-1-juli-2018.