Kemenag Gelar Manasik Haji Kecamatan Berbasis Karu Karom

:


Oleh MC KAB SUMENEP, Jumat, 29 Juni 2018 | 18:52 WIB - Redaktur: Tobari - 267


Sumenep, InfoPublik -  Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep kembali melaksanakan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan dengan berbasis Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) atau Karu Karom.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Sumenep H. Rifa’I Hasyim, kepada wartawan, Jum'at (29/6), mengungkapkan, sistem pelaksanaan manasik haji di tingkat kecamatan dilaksanakan mulai tanggal 24 hingga 30 Juni 2018, dengan berbasis Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom).

“Bimbingan manasik haji menjadi salah satu faktor penting dalam penyelenggaraan haji, agar para jamaah bisa melaksanakan ibadah dengan baik di Tanah Suci,” ungkapnya.

Dikatakan, dengan sistem Karu Karom, maka kecamatan yang memiliki jumlah jamaah sedikit, akan digabung dengan kecamatan lainnya hingga minimal 45 jamaah.

Penguatan manasik setiap regu dilaksanakan sejak bimbingan di tingkat KUA kecamatan dan kabupaten/kota, bahkan pada manasik juga akan ada penguatan kompetensi atau pembekalan khusus bagi para Karu Karom.

Kegiatan manasik haji di tingkat kecamatan, jamaah akan dikelompokkan dalam regu dan rombongan. Dan setelah pelaksanaan manasik haji tingkat kecamatan selama 7 hari, bimbingan ibadah akan dimaksimalkan di manasik massal tingkat Kabupaten yang akan ditempatkan di Aula Kantor Kemenang Sumenep pada 1 Juli 2018 mendatang.

“Kami berharap para jamaah calon haji (JCH) di Sumenep ini mengikuti proses bimbingan ibadah haji dengan baik, agar nantinya lancar saat melaksanakan ibadah haji,” katanya. (Ren/Esha/Fer/toeb )