Disnaker Kabupaten Indramayu Buka Pelatihan Bagi Calon PMI

:


Oleh MC KAB INDRAMAYU, Jumat, 29 Juni 2018 | 16:07 WIB - Redaktur: Tobari - 2K


Indramayu, InfoPublik – Sebagai upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) , Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu telah membuka pelatihan secara gratis dengan meliputi pelatihan mengurus orang tua lanjut usia (lansia) dan mengasuh bayi.

Kepala Disnaker Kabupaten Indramayu Hj. Sri Wulaningsih menjelaskan, Kabupaten Indramayu merupakan pemasok terbesar Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri, dirinya berharap melalui pelatihan yang diprogramkan dapat memberikan skill tambahan, sehingga ketika bekerja nantinya sudah di pahami.

”Para calon PMI asal Indramayu yang ingin bekerja ke luar negeri memiliki skill yang memadai. Untuk itu, melalui upaya pelatihan tersebut akan memunculkan para PMI yang benar-benar memiliki skill memadai dan dampaknya dapat mengurangi para PMI yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga,”jelasnya saat di temui. Jum’at (29/6)

Ia berharap  sesuai dengan peraturan UU No. 18 Tahun 2017 tentang perlindungan PMI agar tidak terjadi penempatan secara unprosedural, artinya PMI di kabupaten indramayu perlu di bina melalui Badan Latihan Kerja (BLK).

Para PMI tidak hanya sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT), juga Skill mengasuh orang tua lanjut usia (lansia) dan mengurus bayi sudah didapat, sehingga ketika salah penempatan keahlian, dapat teratasi melalui pengatahuan selama pelatihan.

“Saya berharap, para calon PMI asal Indramayu sebelum diberangkatkan bekerja ke luar negeri dibekali keterampilan yang memadai. Sejauh ini, proses pelatihan keterampilan yang diselenggarakan pihak UPT BLK Disnaker Indramayu telah banyak membantu menciptakan para tenaga kerja kompetensi bersertifikat siap pakai,” katanya. (Mc. Kab.Indramayu / M.Toyib/toeb)