Penguatan Peran LKS Posdaya, Guna Penanggulangan Kemiskinan

:


Oleh MC KAB SIJUNJUNG, Senin, 2 Juli 2018 | 10:55 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 416


Sijunjung, InfoPublik - Dalam rangka penguatan peran Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Posdaya dalam penanggulangan kemiskinan dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Kabupaten Sijunjung, Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) menyelenggarakan pelatihan, Kamis (28/6/2018) di Kantor PKK Muaro Sijunjung.

Kegiatan ini bertujuan membantu masyarakat mengembangkan usaha melalui program Posdaya serta untuk menyamakan persepsi tentang program dan kegiatan Posdaya di Nagari dan Jorong.

“Secara umum fungsi keluarga yang diberdayakan melalui posdaya sudah berjalan di Nagari-Nagari melalui lembaga yang sudah ada yakni gerakan PKK, Paud terintegrasi, BKB, UPPKS," ujar Ketua LKKS Kabupaten Sijunjung, Endra Yuswir Arifin, di sela-sela kegiatan.

Dirinya mengakui walaupun belum semua terwadahi dalam kelembagaan Posdaya, ia berharap melalui kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan mendorong semua Nagari yang belum ada Posdaya.

“Persoalan keluarga harus mendapat perhatian pemerintah dan masyarakat, kepada pemerintah daerah dan kecamatan agar memberikan dorongan dan dukungan agar lembaga kesejahteraan sosial dapat tumbuh dan berkembang melalui penganggaran dan sinergi program lintas OPD," ujarnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Umum LKKS Provinsi Sumbar, Nevi Irwan Prayitno, Dinas Sosial Provinsi Sumbar, serta para peserta yang terdiri dari Ketua TP PKK se Kecamatan dan Nagari, pengurus Posdaya, TKSK dan pengurus LKKS Kabupaten Sijunjung. (Mega/Noven-MC Kab Sijunjung)@sijunjung.go.id/TR)