PPDB Tahun 2018, Upaya Menfavoritkan Seluruh SMPN di Padang

:


Oleh MC KOTA PADANG, Sabtu, 30 Juni 2018 | 12:28 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 935


Padang, InfoPublik - Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Sumatera Barat, Barius didampingi Kepala UPTD Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Irwan, meninjau pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018 di SMPN 7, Lolong, jalan S.Parman, Kamis (28/6/2018).

PPDB) tahun 2018 berbeda dari tahun sebelumnya, tak ada lagi sekolah yang menerima siswa melalui jalur mandiri, para calon siswa harus memilih sekolah yang berada dalam zonanya/dari sekolah asalnya.

Hal itu mengacu pada Permendikbud Nomor 17/2017 untuk pendidikan yang merata. Memanfaatkaan sistem  zonasi penerimaan siswa secara online, dengan pembagiannya, 80 persen penerimaan secara online dan 20 persen jalur prestasi.

"Sehingga para siswa-siswi yang memiliki nilai tinggi (pintar) terbagi merata pada 43 SMPN di Kota Padang," ujar Kadis Pendidikan, Barlius.

Tujuannya, agar semua SMPN bisa maju bersama-sama, tak ada lagi sekolah favorit, semua sekolah akan menjadi Favorit. "Diharapkan kepada para orang tua bisa memahami sistim penerimaan berdasarkan sekolah asalnya, afrtinya dekat dengan tempat tinggal para siswa-siswi," tambahnya. 

Penerimaan melalui  jalur prestasi, tersebut  hafiz dan prestasi lain yang dilombakan seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dengan meraih juara I minimal tingkat Sumbar.

Disebutkan Barius, Permendikbud itu bertujuan untuk pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia yang tidak  bertumpu pada beberapa sekolah saja pada suatu wilayah. Sistem zonasi itu berkaitan erat dengan sekolah asal sebelumnya dan  tempat tinggal.

Smentara itu, Kepala SMPN 7 Padang Syafrizal Syair mengatakan, pada PPDB tahun 2018, terasa agak tenang. saat calon siswa dan orang tua mendaftarkan diri masuk ke SMPN 7. "Semua itu ketentuan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, jadi calon siswa siswi yang datang ke SMPN 7, calon siswa dari zonasinya, tak ada yang lainnya. Makanya terasa tenang dan lebih leluasa mereka," katanya.

Tahun peneriaman 2018 ini SMPN 7 kan menerima siswa baru sebanyak 274 orang. Sebelumnya jumlah siswa siswi sekitar 800 orang. Jumlah tersebut akan dilengkapi lagi melalui PPDB tahun ini.(Mcpadang/ Irwandi Rais/TR).