Jakarta, InfoPublik - Kesibukan yang padat seringkali menjadi alasan untuk tidak melakukan latihan fisik. Padahal sebetulnya ada banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk berjalan kaki. Misalnya dengan menggunakan transportasi umum ke tempat kerja.

Spesialis Kedokteran Olahraga Andi Kurniawan seperti yang dilansir laman BPJS Kesehatan mengatakan, dengan menggunakan transportasi umum, seperti "dipaksa" untuk selalu berjalan kaki dan naik-turun tangga. Kalau ingin lebih dimaksimalkan, misalnya ketika naik Trans Jakarta, bisa turun satu halte sebelum halte tujuan. Jadi bisa jalan kaki dahulu menuju kantor.

“Apabila membawa kendaraan pribadi, sebaiknya kendaraan tersebut diparkir di tempat yang jauh dari pintu masuk. Lalu sebisa mungkin untuk mengganti penggunaan eskalator atau lift dengan naik-turun tangga,” ungkap Andi Kurniawan kepada INFO BPJS Kesehatan yang dikutip InfoPublik Senin (25/6).

Selain itu saat di tempat kerja, juga perlu lebih sering minum air putih. Kebiasaan ini baik untuk kesehatan, juga supaya lebih sering berjalan kaki ke toilet. Atau ketika ada panggilan telepon, bisa menerimanya sambil berjalan. "Intinya harus lebih banyak bergerak, jangan terlalu lama duduk," ujarnya.

Kemudian, saat tiba waktunya makan siang, baiknya tidak terlalu sering meminta bantuan office boy untuk membelikan makanan. Tidak ada salahnya jalan sedikit ke luar kantor untuk meregangkan otot dan menghirup udara yang lebih segar, yang juga bisa dipraktikkan adalah walking meeting atau rapat yang dilakukan sambil terus berjalan dan bergerak. Cara ini banyak dilakukan perusahaan di negara barat.

“Jadi sebenarnya kesibukan tidak bisa dijadikan alasan untuk malas melakukan latihan fisik. Ada banyak waktu yang bisa diambil untuk membuat hidup Anda tetap sehat. Namun yang juga perlu diingat, pola hidup ini harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang,” pungkas Andi.