Jakarta, InfoPublik - Arus balik pemudik di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta pada Rabu (20/6) menyentuh angka paling tinggi terhitung mulai H+1 yang jatuh pada Minggu (17/6) hingga H+4.

Berdasarkan data arus balik dari mulai Rabu (20/6) dini hari pukul 00.00-22.00 WIB, mencatat sebanyak 349 unit bus Antar Kota dan Provinsi (AKAP) telah mengantarkan dengan selamat 6.737 penumpang ke terminal Pulo Gebang. Angka itu akan terus meningkat menjelang Kamis (21/6) karena terhambat dengan sejumlah kemacetan yang terjadi menuju ibukota.

Disinyalir, para pemudik yang datang pada dini hari nanti merupakan pemudik yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kedua wilayah tersebut merupakan tempat daerah tujuan mudik yang paling banyak dipilih oleh para pemudik.

"Macet banget perjalanan dari kampung menuju Jakarta, baru sampai sekarang," ujar Rudi Nopianto (30) warga Lapangan Pors, di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta.

Sebelumnya, sebanyak 51 persen pemudik tujuan sekitar Jawa Tengah, 29 persen penumpang tujuan sekitar Jawa Timur, 11 persen penumpang menuju daerah sekitar Jawa Barat, 5 persen penumpang menuju daerah sekitar pulau Sumatera, 2 persen penumpang menuju daerah sekitar Denpasar, Bali, terakhir 1 persen penumpang menuju daerah sekitar Banten.