Bakauheni, InfoPublik - Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin menyatakan arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung hingga saat ini berjalan sangat kondusif karena di dukung kualitas transportasi yang sudah membaik.

"Saya baru saja melihat situasi di Bakauheni ini, saya lihat arus balik di Bakauheni sampai saat ini sangat kondusif," kata Wakapolri di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Rabu (20/6).

Ia mengungkapkan, dari penjelasan Kapolda Lampung yang diterimanya, diketahui bahwa sudah 45 persen pemudik yang kembali ke Pulau Jawa dari Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni. Sehingga masih tersisa 55 persen, dari total jumlah penumpang arus mudik sebanyak 970.320 orang yang belum kembali ke pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni.

"Hitungan saya, dari sisa yang 55 persen itu kira-kira sebagiannya akan balik ke Jawa hari ini karena besok sudah hari kerja, dan separuhnya lagi akan balik ke Jawa pada hari  Sabtu dan Minggu," ujarnya.

Syafruddin menambahkan bahwa angka kecelakaan secara nasional turun 30 persen dan angka pelanggaran lalu lintas turun sekitar 60 persen dibandingkan Lebaran 2017 lalu. ”Semuanya turun, termasuk angka kriminalitas,” ucapnya.

Ia menilai, terjadinya penurunan angka pelanggaran dan lakalantas tersebut karena didukung kualitas transportasi dan infrastruktur yang membaik rata rata 60 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu.

“Membaiknya kualitas transportasi dan infrastuktur berdampak pada pelayanan arus mudik dan balik Lebaran pada tahun ini lebih baik dan lancar," tegasnya.