Dari H-7 Hingga H+3 Terminal Pulo Gebang Terima Kedatangan 15537 Pemudik

:


Oleh Tri Antoro, Rabu, 20 Juni 2018 | 12:44 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik - Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta dari mulai H-7 yang jatuh pada Jumat (8/6) hingga H+3, Selasa (19/6), telah menerima kedatangan 15 ribu pemudik yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Berdasarkan data yang diterima InfoPublik dari pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang tercatat, sudah terdapat 1401 unit bus Antar Kota dan Provinsi (AKAP) dengan total penumpang mencapai 15537 pemudik. Dari beberapa hari diatas jumlah pemudik yang paling banyak datang adalah pada Selasa (19/6) sebanyak 233 unit bus dengan jumlah penumpang mencapai 4378 orang.

Jumlah diatas tentunya akan terus bertambah seiring dengan habisnya masa cuti bersama pemerintah dan libur sekolah pelajar. Jadi masih ada kemungkinan lonjakan penumpang yang terjadi selama bulan ini dan bulan depan.

"Tapi anak sekolah masih libur sampai bulan Juli," ujar Komandan Regu Operasional dan Kemitraan UPT Terminal Terpadu Pulo Gebang Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Anwar Mansyur di Terminal Keberangkatan Pulo Gebang, Jakarta.

Sebelumnya, Terminal Terpadu Pulo Gebang Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, telah memberangkatkan 80388 orang yang memilih moda transportasi darat untuk melakukan tradisi mudik ke berbagai tujuan pulau Jawa, Bali, Banten, maupun Sumatera.

Data hingga saat ini, dari H-8 yang jatuh pada Kamis (7/6) hingga H+2 yang jatuh pada hari Minggu (17/6) tercatat sebanyak 2763 bus yang telah diberangkatkan dengan jumlah total penumpang 80338 orang.

Puncak arus mudik yang terjadi pada tahun ini terjadi penurunan dibanding pada tahun lalu yang mencapai 12 ribu orang. Hal ini diduga adanya masyarakat yang memilih mudik gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah, perusahaan BUMN, maupun swasta.