Arus Balik Pemudik Mulai Padati Terminal Terpadu Pulo Gebang

:


Oleh Tri Antoro, Rabu, 20 Juni 2018 | 07:57 WIB - Redaktur: Juli - 205


Jakarta, InfoPublik - Lonjakan arus balik penumpang Lebaran mulai nampak memadati Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Selasa (19/6).

Berdasarkan data yang diperoleh InfoPublik dari pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang mencatat, pada H+4 yang jatuh pada Selasa (19/6) terminal menerima kedatangan bus Antar Kota dan Provinsi (AKAP) sebanyak 233 unit dengan jumlah penumpang mencapai 4.378 orang.

"Tanda meningkat sudah ada pemudik yang kembali sudah mulai memadati terminal," ujar Komandan Regu Operasional dan Kemitraan UPT Terminal Terpadu Pulo Gebang Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Anwar Mansyur di Terminal Keberangkatan Pulo Gebang, Jakarta.

Dia memprediksi, lonjakan penumpang arus balik akan terus meningkat pada puncaknya besok Rabu (20/6). Alasannya, pada Kamis (21/6) berakhirnya cuti bersama yang telah di tetapkan oleh pemerintah terkait dengan libur Hari Raya Idul Fitri.

"Hari ini dan besok prediksinya, mengingat cuti bersama berakhir pada 20 Juni," katanya.

Pemudik yang mulai memadati terminal berasal dari kota dan kabupaten yang berada di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Berdasarkan data yang didapatkan InfoPublik dari pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang pada Selasa (18/6), terdapat 51 persen pemudik tujuan sekitar Jawa Tengah, 29 persen penumpang tujuan sekitar Jawa Timur, 11 persen penumpang menuju daerah sekitar Jawa Barat, 5 persen penumpang menuju daerah sekitar Sumatera, 2 persen penumpang menuju daerah sekitar Denpasar Bali, terakhir 1 persen penumpang menuju Banten.