Dishub Palangka Raya : Puncak Arus Balik Lebaran di H+3 dan H+4

:


Oleh MC KOTA PALANGKA RAYA, Selasa, 19 Juni 2018 | 21:17 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 244


Palangka Raya, InfoPublik - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, memprediksi puncak arus balik lebaran Idul Fitri 1439 H akan terjadi pada H+3 dan H+4. 

"Kita perkirakan untuk puncak arus balik terjadi di H+3 dan H+4," ujar Kepala Dishub Kota Palangka Raya, Eldy, Senin (18/6/2018) di Palangka Raya.

Kota Palangka Raya sendiri, lanjut Eldy, untuk puncak arus balik tidak akan begitu ramai seperti tahun-tahun sebelumnya. Walau begitu deretan kendaraan dari arah Banjarmasin menuju Palangka Raya tetap diperkirakan akan tetap banyak, mengingat Palangka Raya sebagai jalur perlintasan menuju ke daerah lain seperti Kabupaten Katingan dan Kabupaten Gunung Mas.

"Untuk Kota Palangka Raya tidak begitu padat, namun untuk jalur arus balik ini, ada pos-pos pemantauan guna mengetahui adanya kecelakaan atau hal-hal lain," ungkapnya.

Diperkirakan, tambah Eldy, kondisi arus balik pada tahun ini tidak berbeda kondisinya dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana, arus mudik maupun arus balik menuju Palangka Raya maupun keluar Kota Palangka Raya, kemungkinan ramai lancar, dan tidak menimbulkan kepadatan yang berarti.

"Hal ini dikarenakan adanya libur panjang dan cuti bersama. Jadinya masyarakat lebih memilih mudik lebaran lebih awal di H-7 sudah mulai terjadi. Nah begitu juga dengan arus balik ini," terangnya.

Adapun untuk  pos-pos pemantauan arus mudik dan balik ini, tim gabungan yang terdiri dari instansi terkait, telah menempatkan pos di beberapa titik jalan yang menjadi jalur mudik. Seperti di Pahandut Seberang, Hypermart, Bundaran Besar, dan Kereng Bangkirai.

"Ya, pos-pos ini diharapkan dapat betul-betul digunakan para pemudik, karena kita sudah menyiapkan fasilitas untuk kenyamanan pemudik saat arus mudik dan balik," katanya.

Sebelumnya Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia mengimbau dan mengingatkan kepada masyarakat yang melakukan mudik lebaran, agar berhati-hati saat dijalan dengan tetap memperhatikan rambu-rambu lalu lintas.

Begitupun saat pulang kembali ke rumah dan kota tujuan, sehingga selamat sampai tujuannya. "Bagi yang mengendarai kendaraan pribadinya, tetap memperhatikan kondisi fisik dan jalan," ingatnya. (MC. Isen Mulang.1/Vira)