Belum Terjadi Lonjakan Penumpang di Terminal Terpadu Merak

:


Oleh lsma, Selasa, 19 Juni 2018 | 15:13 WIB - Redaktur: Juli - 279


Merak, InfoPublik - Kepala Terminal Terpadu Merak, Banten Sugiyo mengatakan hingga H+4 Lebaran atau Selasa (19/6),  jumlah penumpang di Terminal Terpadu Merak masih sedikit dan belum menunjukkan lonjakan yang signifikan.

"Lonjakan penumpang di Terminal Terpadu Merak belum ada, hingga saat ini sifatnya hanya mengalir saja, memang ada peningkatan, tapi peningkatan yang terjadi masih sedikit belum ada lonjakan," kata Sugiyo ketika ditemui di Merak, Selasa (19/6).

Sugiyo menjelaskan, jumlah penumpang di Terminal Terpadu Merak hingga H+4 baru berkisar 6.000 hingga 7.000 penumpang. Jumlah penumpang tersebut, sebagian besarnya adalah penumpang yang turun dari kapal Ferry di Pelabuhan Merak.

"Jumlah penumpang yang 6.000 hingga 7.000 orang ini belum bisa saya katakan ada lonjakan penumpang. Dikatakan ada lonjakan penumpang itu apabila sudah mencapai angka 10.000 ke atas. Kalau sudah di atas 10.000 baru bisa dibilang ada lonjakan penumpang," kata Sugiyo.

Menurutnya, meski belum terjadi puncak kepadatan di terminal, pihaknya tetap mengantisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan pada hari ini dan besok. Bus cadangan yang disiagakan juga sudah siap untuk mengangkut penumpang menuju wilayahnya masing-masing.

Sugiyo menambahkan, dalam mengantisipasi kepadatan jumlah penumpang saat arus mudik maupun arus balik Lebaran tahun ini, Terminal Terpadu Merak telah menyiapkan bus tambahan sebanyak 200 bus, sehingga total yang beroperasi ada 575 unit bus.

"Meski kondisi ramai, kita belum bisa menetapkan terjadinya puncak arus balik terjadi di Terminal Terpadu Merak," tegasnya.