Mayoritas Penumpang Terminal Pulo Gebang Menuju Daerah Sekitar Jateng

:


Oleh Tri Antoro, Selasa, 19 Juni 2018 | 12:11 WIB - Redaktur: Juli - 179


Jakarta, InfoPublik - Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta paling banyak memberangkatkan pemudik ke kota dan kabupaten yang berada di wilayah sekitar Jawa Tengah.

Berdasarkan data yang didapatkan InfoPublik dari pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang pada Selasa (18/6), ada 51 persen pemudik tujuan sekitar Jawa Tengah, 29 persen penumpang tujuan Jawa Timur, 11 persen penumpang menuju daerah di Jawa Barat, 5 persen penumpang menuju daerah sekitar Pulau Sumatera, 2 persen penumpang menuju daerah di Denpasar Bali, terakhir 1 persen penumpang menuju daerah di sekitar Banten.

Sebelumnya, Terminal Terpadu Pulo Gebang Dinas Perhubungan DKI Jakarta, telah memberangkatkan 80.388 orang yang memilih moda transportasi darat untuk melakukan tradisi mudik ke berbagai tujuan di pulau jawa, Bali, Banten, maupun Sumatera.

"Sudah ada 80 ribuan orang yang telah kita berangkatkan melalui terminal ini," kata Komandan Regu Operasional dan Kemitraan UPT Terminal Terpadu Pulo Gebang Dinas Perhubungan DKI Jakarta Anwar Mansyur di Terminal Keberangkatan Pulo Gebang.

Data hingga saat ini, dari H-8 yang jatuh pada Kamis (7/6) hingga H+2 yang jatuh pada Minggu (17/6) tercatat sebanyak 2.763 bus yang telah diberangkatkan dengan jumlah total penumpang 80.338 orang.

Menurut dia, puncak arus mudik yang terjadi di terminal ini telah terjadi pada H-3 yang mencapai angka 11 ribu pemudik. Sedangkan puncak arus mudik kedua terjadi pada H-2 yang mencapai 10 ribu penumpang yang diberangkatkan.

Puncak arus mudik tahun ini terjadi penurunan dibanding pada tahun lalu yang mencapai 12 ribu orang. Hal ini diduga adanya masyarakat yang memilih mudik gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah, perusahaan BUMN, maupun swasta.