Belum Terjadi Peningkatan Arus Balik di Terminal Pulo Gebang

:


Oleh Tri Antoro, Senin, 18 Juni 2018 | 22:44 WIB - Redaktur: Juli - 184


Jakarta, InfoPublik - Belum terjadi peningkatan arus balik mudik secara signifikan di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta pada Senin (18/6) hingga pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan data kedatangan bus Antar Kota dan Provinsi (AKAP) yang diperoleh dari pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang, selama tiga hari terakhir pasca Hari Raya Idul Fitri yakni pada Sabtu (16/5) kedatangan bus sebanyak 47 bus dengan jumlah penumpang sebanyak 499 orang.

Selanjutnya pada Minggu (17/6) kedatangan bus sebanyak 112 bus dengan jumlah penumpang mencapai 1.839 orang, dan pada Senin (18/6) kedatangan bus sebanyak 210 bus dengan penumpang berjumlah 3971 orang.

"Belum terjadi peningkatan arus balik, tapi tanda-tanda arus balik sudah ada di terminal Pulo Gebang," ujar Komandan Regu Operasional dan Kemitraan UPT Terminal Terpadu Pulo Gebang Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Anwar Mansyur di Terminal Keberangkatan Pulo Gebang, Jakarta.

Jumlah penumpang kedatangan pada terminal tersebut, lanjut Anwar, mengalami penurunan dari 2017, pada H-3 yang mencapai 5 ribu orang. Ada dugaan, indikator penurunan karena penumpang mencari alternatif kendaraan menuju terminal lainnya.

Sebelumnya, Terminal Terpadu Pulo Gebang Dinas Perhubungan DKI Jakarta, telah memberangkatkan 80.388 orang yang memilih moda transportasi darat untuk melakukan tradisi mudik ke berbagai tujuan di Pulau Jawa, Bali, Banten maupun Sumatera.