Wakapolri: Pelabuhan Bakauheni Titik Puncak Arus Balik ke Pulau Jawa

:


Oleh lsma, Senin, 18 Juni 2018 | 22:10 WIB - Redaktur: Juli - 348


Merak, InfoPublik - Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Komjen Syafruddin mengatakan Pelabuhan Bakauheni, Lampung, akan menjadi titik puncak arus balik ke Pulau Jawa.

“Jadi untuk arus balik adanya di Pelabuhan Bakauheni, kalau di Pelabuhan Merak hanya mengalir, teorinya seperti itu. Jadi untuk arus balik, saya berharap masyarakat melakukan seperti apa yang dilakukan arus mudik,” kata Syafruddin di Pelabuhan Merak, Senin (18/6).

Wakapolri memprediksi gelombang arus balik dari Pelabuhan Bakauheni-Merak akan naik secara signifikan pada Rabu (20/6) nanti atau H+5 Lebaran.

"Arus balik diperkirakan mungkin gelombangnya itu Rabu sampai Minggu walaupun Kamis-Jumat sudah hari kerja tapi tentu ada masyarakat yang bekerja di swasta tentu ada waktu yang sudah mereka perhitungkan," ujarnya.

Ia mengungkapkan, Mabes Polri mencatat pada musim mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini berjalan sangat baik dan kondusif, tidak ada kejadian yang menonjol.

Secara aspek kualitas, ada penurunan angka kecelakaan sebesar 30 persen, serta penurunan penggunaan migas sebesar 60 persen. Hal ini terjadi karena infrastruktur jalan, khususnya di Pulau Jawa, sudah baik.

“Dari aspek kualitas, infrastruktur jalan yang sudah baik saat ini dapat menurunkan penggunaan migas serta penurunan angka kecelakaan lalu lintas,” katanya.