Stasiun Merak Mulai Dipadati Penumpang Arus Balik

:


Oleh lsma, Senin, 18 Juni 2018 | 21:58 WIB - Redaktur: Juli - 244


Merak, InfoPublik - Kepala Stasiun Merak Sopiyan mengatakan mulai H+2 Lebaran, hingga hari ini Senin (18/6) arus balik di Stasiun Merak, Banten mulai terlihat dengan adanya kepadatan penumpang yang ingin menggunakan jasa kereta api.

"Kalau dilihat dari jumlah penumpang, hari ini Senin (18/6) dan H+2 sudah padat, bahkan menjelang sore ini tiket untuk keberangkatan kereta ke Rangkasbitung yang terakhir sudah habis terjual," kata Sopiyan di Merak, Senin (18/6).

Ia mengakui, dengan adanya kepadatan penumpang yang mulai terlihat, banyak penumpang yang tidak bisa mendapatkan tiket. Para penumpang yang tidak mendapatkan tiket ini akhirnya memilih menggunakan moda transportasi lain, yakni bus.

Menurutnya, di stasiun Merak, setiap harinya ada enam jadwal keberangkatan kereta menuju Rangkasbitung, dan ada enam jadwal kedatangan kereta dari Rangkasbitung.

"Dari masing-masing jadwal keberangkatan itu, kepadatan sudah bisa terlihat, pada hari biasa mungkin hanya sekitar 500 penumpang, tapi hari ini kepadatan penumpang lebih dari 1.000 orang," ujarnya.

Ditambahkannya, dari jumlah penumpang tersebut, 30 persen di antaranya merupakan penumpang yang masuk ke pulau Jawa dari pulau Sumatera yang menggunakan kapal Ferry.

Meskipun terjadi kepadatan di stasiun Merak, Sopiyan mengakui belum ada kereta tambahan yang disediakan PT Kereta Api di stasiun Merak pada arus balik kali ini.