Jalur Puncak Masih Macet Panjang di H+2 Lebaran

:


Oleh Baheramsyah, Minggu, 17 Juni 2018 | 22:11 WIB - Redaktur: Juli - 554


Bogor, InfoPublik - Arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat mengalami kemacetan panjang sejak Minggu (17/6) pagi sekitar pukul 6.30 WIB hingga pukul 19.30 WIB.

Kemacetan panjang ini karena membludaknya wisatawan yang memanfaatkan Libur Lebaran untuk berwisata ke Puncak Bogor, Jawa Barat.

Seperti yang disampaikan dalam informasi NTMC Polri, antrean kendaraan mencapai 2 km lebih di exit tol Ciawi, seputar Interchange Bogor sejak pukul 06.30 WIB.

Berdasarkan data jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Puncak, petugas Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan, sejak 16 Juni 2018 hingga pagi ini 38.716 kendaraan mobil yang didominasi kendaraan pribadi tercatat menuju Puncak.

Hasby mengatakan, petugas telah melakukan inisiatif berupa penerapan sistem satu arah yang dipercepat. “Untuk mengurangi kepadatan tersebut, satuan lalu lintas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah lebih cepat dari jadwal biasanya yakni dilaksanakan pukul 07.00 WIB. Yang biasanya pukul 07.30 WIB," terang Hasby.

Ia menambahkan, terdapat beberapa simpul kepadatan di wilayah kawasan jalur Bogor Puncak Cianjur di antaranya Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

Hasby mengimbau agar masyarakat menggunakan jalur alternatif melalui jalur Jonggol Cileungsi dan Cibubur dengan jarak 86 km. Terutama kepada masyarakat yang mempunyai tujuan Cianjur dan Bandung.

Sementara itu,  menurut TMC Polres Bogor,  pada pukul 13.52 WIB, jalur Puncak sedang dalam proses satu arah ke bawah (Puncak-Jakarta). Bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang akan ke jalur puncak agar menggunakan jalur alternatif Jonggol atau Sukabumi.