PSC 119 Dinkes Pinrang Siaga Sepanjang Libur Lebaran

:


Oleh MC KAB PINRANG, Minggu, 17 Juni 2018 | 12:51 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 474


Pinrang, InfoPublik - Upaya Pemerintah Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik yang melalui jalur Trans Sulawesi di wilayah tersebut tidak hanya melibatkan personil kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisis Pamong Praja (Satpol PP) saja. Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan setempat juga turun langsung memberikan pelayanan.

Tim Public Safety Center (PSC) 119 adalah personil yang dibentuk untuk menanggulangi kondisi kegawatdaruratan yang juga disiagakan guna memberikan pertolongan pada para pemudik. Tim ini siaga di posko Ketupat bersama para personil gabungan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, Dyah Puspita Dewi yang di temui Minggu (17/6/2018) mengungkapkan, Tim PSC 119 terdiri dari tenaga paramedis dan medis berjumlah 53 orang dan sudah berjaga di posko ketupat sejak tanggal 23 mei 2018.

Mereka berjaga dengan sistem shift dimana setiap kelompok jaga terdiri dari delapan orang dan dilengkapi dengan fasilitas kegawatdaruratan berupa ambulance, yang disiagakan apabila ada pemudik yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit.

Puskesmas dikatakan Dyah juga tetap melajukan pelayanan pada hari raya Idul Fitri 1439 ini. Personil yang berjaga adalah yang non muslim untuk memberikan kesempatan kepada tenaga kesehatan yang muslim untuk melakukan Ibadah.

Dyah berharap kepada para pemudik untuk mengutamakan keselamatan serta menjaga kesehatan dalam berkendara.

“Selain di Posko Ketupat, Personil juga kami siagakan di lokasi wisata untuk memberikan penanganan jika terjadi kecelakaan di lokasi Wisata,” tutur Dyah.

Personil yang disiagakan adalah dari personil Puskesmas terdekat dari tempat wisata. "Fasilitas Ambulance juga disiapkan untuk penanganan kesehatan secara cepat jika memang diperlukan," katanya.(MC. Pinrang/Vira)