Kemenhub Siapkan Kapal Laut untuk Arus Balik Gratis Semarang-Jakarta

:


Oleh Dian Thenniarti, Sabtu, 16 Juni 2018 | 23:18 WIB - Redaktur: Juli - 100


Jakarta, InfoPublik - Sukses menyelenggarakan angkutan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan membidik hal yang sama untuk arus balik gratis untuk sepeda motor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

"Alhamdulillah pelaksanaan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Jakarta ke Semarang terlaksana sukses, baik dan lancar. Tidak ada permasalahan berarti yang ditemukan pada pelaksanaan mudik gratis sepeda motor tersebut," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo di Jakarta, Sabtu (16/6).

Dirjen Agus mengatakan, tingkat keterisian kapal mudik gratis yang berlangsung mulai 9 sampai 13 Juni 2018 mencapai 78 persen dan hal ini telah melebihi target yang ditetapkan sebelumnya yakni 60 persen.

Lebih lanjut, Dirjen Agus mengapresiasi masyarakat yang sudah mengikuti imbauan Pemerintah untuk mengutamakan keselamatan dan mengurangi beban jalan raya melalui partisipasinya di program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

"Saya optimis untuk arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut 2018 akan berjalan dengan sukses seperti halnya waktu arus mudik kemarin," ujar Dirjen Agus.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Chandra Irawan mengatakan pelaksanaan arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Semarang ke Jakarta akan dimulai 18 Juni hingga 22 Juni 2018.

"Kami menyiapkan 16 kapal yang siap mengangkut para pemudik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta," kata Chandra.

Chandra memprediksi tingkat keterisian kapal mudik gratis akan tinggi mengingat mudik gratis dengan kapal laut dapat membantu menjaga kondisi fisik para pemudik untuk kembali dan segera beraktivitas setelah libur Lebaran. Disamping itu untuk arus balik, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub menyiapkan hadiah door prize yang diundi di atas kapal di setiap pelayarannya.

"Data per Sabtu (16/6), jumlah pendaftar mudik gratis sepeda motor arus balik dari Semarang ke Jakarta mencapai 76,36 persen, dan diprediksi akan terus bertambah. Khusus arus balik ini, kami menyiapkan sejumlah door prize untuk para pemudik yang akan diundi di atas kapal seperti televisi, telepon genggam, voucer belanja dan lain sebagainya," ujar Chandra.

Bagi para pemudik yang ingin mendaftar dapat langsung mendatangi posko mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mulai 17 Juni 2018 pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Menurutnya, jumlah keterisian kapal tertinggi ada pada 20 Juni dan 22 Juni 2018 yang mencapai di atas 95 persen. Sedangkan masih banyak tersisa quota untuk tanggal keberangkatan lainnya.

"Kami mengimbau agar para pemudik sepeda motor untuk arus balik dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Nikmati pelayaran mudik gratis dengan kapal agar tiba di Jakarta dengan aman, selamat, tertib dan nyaman," tutup Chandra.

Sebagai informasi, mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut khusus arus balik ini, Ditjen Perhubungan Laut menyiapkan nomor hotline service yang dapat membantu para pemudik mendapatkan informasi lebih lanjut di 081298802017 dan 082299052018.