BI Siapkan Langkah Antisipasi Kenaikan Suku Bunga The FED

:


Oleh lsma, Sabtu, 16 Juni 2018 | 10:03 WIB - Redaktur: Juli - 204


Jakarta, InfoPublik - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan Bank Indonesia telah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi kenaikan suku bunga acuan bank sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed).

"BI terus mencermati perkembangan terakhir kemungkinan The Fed menaikkan suku bunga. Tahun ini (suku bunga The FED) empat kali naik lebih besar," kata Perry saat menggelar open house Lebaran di rumah dinas GUbernur BI, di Jakarta, Jumat (15/6).

Perry mengungkapkan, dengan kenaikan tersebut BI siap melakukan langkah-langkah kebijakan pre-emptive untuk menjaga stabilitas ekonomi Indonesia dan stabilitas nilai tukar rupiah.

Langkah pre emptive yang selama dilakukan adalah dengan menaikkan suku bunga acuan pada Mei lalu sebanyak 50 basis poin menjadi 4,75 persen.

"Kami tegaskan, Bank Indonesia siap melakukan langkah untuk menjaga stabilitas ekonomi kita, khususnya stabilitas rupiah," katanya.

BI juga memperhatikan kebijakan bank sentral negara lain seperti European Central Bank (ECB) yang menahan bunga acuan hingga tahun depan. Menurut dia ini akan jadi perhatian dan pembahasan BI di rapat dewan gubernur pada 27-28 Juni mendatang.