Tak Kenal Libur, Petugas Kebersihan Sigap Bersihkan Sampah

:


Oleh MC KAB PINRANG, Jumat, 15 Juni 2018 | 18:35 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 617


Pinrang, InfoPublik - Setelah pelaksanaan salat Ied yang menjadi puncak perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Jum’at (15/6/2018), halaman Kantor Bupati Pinrang, Sulawesi Selatan yang menjadi tempat pelaksanaan di penuhi oleh kertas koran yang digunakan sebagai alas dan ditinggalakan oleh para jamaah.

Tapi hal tersebut tidak berlangsung lama karena petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sigap melakukan pembersihan pada beberapa tempat.

Kepala DLH Kabupaten Pinrang, Sudirman yang ditemui seusai pembersihan mengungkapkan bahwa jauh – jauh hari pihaknya telah menyiapkan antisipasi terkait sampah yang biasanya akan memenuhi titik tempat- tempat pelaksanaan Salat Idul fitri.

Sudirman mengatakan bahwa pihaknya memang menerjunkan seluruh personil petugas kebersihan untuk membersihkan sisa sampah yang ditinggalkan para jamaah. “Setiap tahun kami lakukan antisipasi akan hal tersebut, semua titik kami lakukan pembersihan walaupun masih dalam suasana libur lebaran,” katanya.

Petugas kebersihan memang terlihat sigap membersihkan beberapa tempat pelaksanaan sholat Idul fitri diantaranya, halaman kantor bupati Pinrang, Halaman Mesjid Al- Munawwir, Mesjid Lalle e, dan Mesjid Raya Pinrang.

Namun begitu, Sudirman menghimbau kepada masyarakat untuk ikut serta membantu proses pembersihan, untuk meringankan beban para tenaga kebersihan. Dengan membantu para petugas kebersihan, katanya, akan memberikan kemudahan kepada mereka dan memberikan sedikit waktu bagi mereka untuk ikut bergembira berkumpul bersama keluarga di hari lebaran.

“Kami himbau masyarakat ikut membantu, minimal tidak membuang sampah yang tidak pada tempatnya pada hari pertama dan kedua libur lebaran sehingga para petugas kebersihan bisa meluangkan waktu untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga mereka. (MC. Pinrang/TR)