Tanjung, InfoPublik -  Selama ramadan, produksi sampah di Kabupaten Tabalong per hari rata-rata mengalami peningkatan. Peningkatan, sampah terjadi pada sektor industri dan perdagangan. 

Jika di hari biasa, TPA Maburai bisa menampung rata-rata sekitar 65 ton sampah per hari, maka selama di bulan ramadan, TPA ini menampung hingga 74 ton per harinya per hari. Dinas Lingkungan Hidup pun meningkatkan pelayanan pengangkutan sampah, untuk menghindari penumpukan. 

Tren peningkatan sampah selama ramadhan, juga terjadi saat lebaran. Mengantisipasi tumpukan sampah selama ramadhan dan lebaran, pelayanan pengangkutan sampah ditingkatkan.

Seperti yang dijelaskan Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup, Fairuzi, Rabu (13/6), pengangkutan yang dulunya hanya dilakukan dua kali dalam sehari, selama ramadhan dilakukan sampai tiga kali sehari, ditempat-tempat tertentu.

Selama lebaran pun, pengangkutan sampah tetap dilakukan, tetapi dengan jam yang berbeda. Jika biasanya dilakukan antara pukul 06.00 hingga pukul 08.00 pagi. 

Maka selama lebaran dilakukan saat subuh. Fairuzi mengimbau masyarakat agar mengumpulkan sampah dari malam hingga subuh. Sehingga di hari lebaran, tidak ada tumpukan sampah di sisi jalan. (MC Tabalong/toeb)