Pemprov Sumbar Imbau Warga Pariaman Ramah Melayani Wisatawan

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Rabu, 13 Juni 2018 | 18:13 WIB - Redaktur: Tobari - 309


Pariaman, InfoPublik - Pemprov Sumbar imbau warga Kota Pariaman untuk ramah, membuka diri, berlapang hati, serta ikhlas menyambut dan melayani perantau maupun wisatawan yang berkunjung ke Pariaman, khususnya selama libur Lebaran, mengingat kota ini merupakan salah satu destinasi wisata utama di  Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Kependudukan, dan Catatan Sipil, Novrial, mewakili Sekda Prov. Sumbar Ali Asmar, yang berhalangan hadir pada acara Silaturahmi Ramadan Pemprov Sumbar, di Masjid Raya Ketaping, Desa Nareh Hilia, Kec. Pariaman Utara, Selasa (12/6).

“Butuh keikhlasan Bapak Ibu menerima pendatang yang datang ke sini. Banyak yang akan datang. Kami harap Bapak Ibu bisa melayani dengan baik tamu-tamu kita ini,” katanya.

Sikap ramah dan terbuka yang ia mintakan, tidak terbatas pada pelaku usaha atau terkait dengan bidang pariwisata kota saja, tapi juga bagi seluruh warga Kota Pariaman secara umum. “Tidak untuk yang berjualan saja. Bapak Ibu bisa juga. Misal, kalau ada yang tersesat, tunjukkan arah yang benar,” kata Novrial.

Bagaimanapun, Novrial menggarisbawahi, sikap terbuka dan ramah yang ditampilkan hendaknya tidak sampai menggerus nilai-nilai norma dan kearifan lokal yang telah mengakar dalam keseharian warga.

Ramah bukan berarti tidak peduli pada hal yang bertentangan dengan norma masyarakat. Terbuka dan siap melayani tak sama dengan membiarkan perilaku-perilaku tak patut, apalagi merusak, dilakukan pengunjung sembari berwisata di Kota Pariaman. “Harus kita jaga, jangan sampai ada ekses buruk, misalnya nanti Narkoba,” katanya. (Eko Kurniawan/Diskominfo/toeb)