Jakarta, InfoPublik - Petugas kebersihan atau biasa disebut dengan pasukan oranye dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta tetap disiagakan saat Hari Raya Idul Fitri 1439H.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, sebagian besar pasukan oranye DLH DKI Jakarta tetap bertugas saat Lebaran. “Hanya sekitar 10 persen petugas yang mudik pada Lebaran kali ini, sisanya tetap bertugas,” katanya di Jakarta, Rabu (13/6).

Menurutnya, kebijaksanaan mengizinkan sebagian kecil personel kebersihan mengambil cuti karena saat libur Lebaran timbulan sampah sedikit menurun dan sampah hanya menumpuk di tempat-tempat tertentu saja, seperti di lokasi digelarnya Sholat Ied dan tempat wisata.

Isnawa menjelaskan, DLH DKI Jakarta pada prinsipnya memperkenankan Penyedia Jasa lainnya Perorangan (pasukan oranye) untuk mudik setelah sebelumnya melalui proses pendataan. “Prinsipnya tidak boleh ada kekosongan di lokasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Namun, khusus wilayah Jakarta Pusat pada hari H semua petugas disiagakan karena merupakan kawasan ring 1,” ujarnya.

Selain itu pihaknya juga membuat jadwal piket para pejabat selama libur Lebaran untuk memastikan penanganan kebersihan di darat, badan air dan tempat pengolahan sampah tetap berjalan optimal.

Disebutkan, selain kesiapan pasukan oranye dan pejabat DLH DKI Jakarta, pendukung operasional seperti unit storing kendaraan dan petugas bengkel juga tetap bertugas, dan terus memantau kondisi di lapangan melalui Command Center, sehingga pengendalian penanganan sampah Ibukota tetap berjalan dan terpantau.

Sementara itu, sebagai bentuk antisipasi khusus penanganan kebersihan di pusat-pusat keramaian malam takbiran, 726 lokasi Sholat Ied, dan tempat-tempat wisata, DLH Prov. DKI Jakarta juga mengoptimalkan mobil penyapu jalan otomatis (road sweeper), truk sampah compactor dan kendaraan lintas atau patroli sampah untuk menyisir timbunan timbunan sampah di Ibu kota.