Jelang Hari Raya Idul Fitri, Harga Bahan Pokok Mengalami Kenaikan

:


Oleh MC KAB GARUT, Rabu, 13 Juni 2018 | 18:37 WIB - Redaktur: Tobari - 251


Garut, InfoPublik - Beberapa hari menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H, harga kebutuhan pokok di Pasar Ciawitali Garut, Minggu (10/6) masih stabil namun kecenderungan naik akan terjadi mulai H-3.

Hasil pantauan tim Humas Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut, aktivitas jual beli di Pasar Ciawitali menunjukan peningkatan yang luar biasa, tampak beberapa kebutuhan pokok seperti ayam, cabai, bawang merah, telur, kentang mulai mengalami peningkatan.

Salah seorang pedagang ayam, Nanang, yang berasal dari Munjul Kecamatan Cilawu menyampaikan, untuk hari ini harga ayam sekitar Rp.34.000 dan itu masih dikatakan normal. "Kalau besok sudah masuk H-3 harga ayam diperkirakan naik menjadi sekitar Rp.36.000 sampai dengan Rp.40.000," jelas Nanang.

Menurut Nanang, penyebab dari kenaikannya di antaranya karena yang berjualan sedikit, yang motong juga sedikit.

Selain itu penjual sayuran, Eneng, dari Babakan Abid mengatakan, bahwa sebagian besar harga bahan pokok mulai merangkak naik seperti, Gula harga sekarang Rp.18.000, dan mulai tanggal 22-24 Mei 2018 harga mengalami kenaikan menjadi Rp.22.000, selain itu harga Cabe merah, Bawang putih, Bawang merah juga mengalami kenaikan.

Selain itu beberapa beberapa kebutuhan pokok seperti telor hari ini harga akan ada dikisaran Rp.24.000 sampai Rp.25.000, sedangkan untuk harga beras masih tergolong normal, seperti beras sarinah Rp.11.000, beras jembar Rp.12.000 dan beras pandan wangi Rp.11.000.

Kenaikan sejumlah harga kebutuhan pangan pokok ini dikeluhkan sejumlah pembeli, akan tetapi masyarakat pun memaklumi akan kenaikan harga tersebut.

"Kenaikan harga pangan yang naik, biasa terjadi menjelang bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, akan tetapi kita berharap kenaikannya tidak terlalu berlebihan,” beber Cucu, salah seorang pembeli di Pasar Ciawitali Garut.  (Diskominfo/garutkab/toeb)