Akhir Mei 2018, Cadangan Devisa Indonesia Tercatat USD122,9 Miliar

:


Oleh lsma, Rabu, 13 Juni 2018 | 11:41 WIB - Redaktur: Juli - 403


Jakarta, InfoPublik - Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Agusman mengatakan posisi cadangan devisa Indonesia akhir Mei 2018 tercatat USD122,9 miliar, masih cukup tinggi meskipun lebih rendah dibandingkan dengan USD124,9 miliar pada posisi akhir April 2018.

"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,4 bulan impor atau 7,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," kata Agusman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (13/6).

Menurutnya,  Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Agusman menambahkan, penurunan cadangan devisa pada Mei 2018 terutama dipengaruhi oleh penggunaan devisa untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan stabilisasi nilai tukar rupiah di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang membaik, serta kinerja ekspor yang tetap positif," pungkasnya.